Kamis, 09 Agustus 2018 23:29 WITA

Jelang HUT RI, Pemkab Gowa Ramah Tamah Bersama Perintis Kemerdekaan

Penulis: Samsul Bahri
Editor: Nur Hidayat Said
Jelang HUT RI, Pemkab Gowa Ramah Tamah Bersama Perintis Kemerdekaan

RAKYATKU.COM, GOWA - Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan (HUT) Republik Indonesia ke-73, Pemerintah Kabupaten Gowa menggelar ramah tamah bersama perintis kemerdekaan angkatan 45, legiun veteran, Pepabri, Warakauri, dan Weredatama, di Baruga Karaeng Galesong, Kamis (9/8/2018).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis, mengatakan kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat adanya pejuang kemerdekaan yang telah banyak berkontribusi dalam membangun Indonesia khususnya di Kabupaten Gowa ke arah yang lebih baik.

"Pejuang perintis kemerdekaan di masa lalu sangat memberikan andil yang begitu besar bagi kita semua. Sudah sepantasnya kita generasi sekarang menghargainya dan mengucapkan terima kasih kepada beliau-beliau ini," kata Muchlis. 

Selain itu, menurut Muchlis, generasi sekaranglah yang akan melanjutkan apa yang telah dicanangkan dan diwariskan oleh para pejuang dahulu, sehingga dapat membawa negara yang melindungi rakyat serta mengembangkan nilai perjuangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sebagai generasi pelanjut, tugas kita adalah mengaplikasikan nilai kejuangan. Namun di samping itu yang perlu kita warisi dari para pejuang kita adalah kerelaan berkorban demi kepentingan orang banyak dan tidak kenal menyerah serta rasa tanggng jawab yang tinggi," tambah mantan Kepala Bappeda itu.

Olehnya, dirinya berharap ini tak berhenti sampai di sini, tetapi silaturahmi tetap dijalankan. Tak hanya itu, Muchlis turut berpesan agar generasi muda bisa berkomitmen dalam dirinya untuk berjuang lebih baik.

"Kami sebagai generasi pelanjut dan Pemkab Gowa telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gowa, karena bagi kami itu adalah harga mati. Tetapi kita akan sulit mewujudkannya tanpa bantuan dari berbagai pihak terutama pemuda-pemuda sekarang ini, jadi marilah kita bersama-sama mewujudkan Gowa lebih baik dimasa yang akan datang," harap Muchlis.

Kepala Dinas Sosial sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Syamsuddin Bidol, mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 250 orang, yang tediri atas lima unsur yakni angkatan 45, legiun veteran, Pepabri, Warakauri, dan Weredatama.

Sebelum dimulai ramah tamah, para perintis kemerdekaan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan dan diberi obat atas keluhan penyakitnya.

Turut hadir Unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, Kelompok Pemuda Karang Taruna, pekerja sosial, Tagana, BKPRMI, dan pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.