Rabu, 08 Agustus 2018 16:15 WITA

Malaysia Tuding Sembunyikan Kebenaran, Prancis Buka Kembali Penyidikan MH370

Editor: Mays
Malaysia Tuding Sembunyikan Kebenaran, Prancis Buka Kembali Penyidikan MH370
Sarah Nor (tengah), ibu Norliakmar Hamid, penumpang Malaysia Airlines MH370 yang hilang, menangis di markas Kementerian Transportasi di Putrajaya, Malaysia. Sumber: EPA.

RAKYATKU.COM, PARIS - Polisi Prancis akan membuka penyelidikan terhadap penerbangan MH370 yang hilang, setelah laporan akhir 400 halaman Malaysia, gagal menjelaskan misteri di tengah-tengah klaim yang ditutup-tutupi.

Gendarmerie of Air Transport, ingin memeriksa data dari operator satelit Inmarsat  yang melacak pesawat sebelum hilang pada Maret 2014.

Ini bermaksud untuk memverifikasi kebenaran, dan terutama keaslian semua data teknis yang dikirimkan, menurut surat kabar Prancis Le Parisien.

Tidak ada negara lain yang menjajaki penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing, yang memiliki 239 orang termasuk empat warga negara Prancis. 

Belum ada pengumuman resmi dari penyelidikan dari pemerintah Prancis. 

Pekan lalu, kepala penerbangan sipil Malaysia berhenti setelah laporan ke MH370 menemukan kegagalan dalam pengendalian lalu lintas udara,  karena keluarga korban mengklaim pejabat menutupi apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat nahas itu.

Voice 370, sekelompok keluarga korban, menuduh Boeing dan Pemerintah Malaysia menahan data penerbangan, dan mengkritik laporan karena mengesampingkan kemungkinan bunuh diri oleh pilot kepala, Kapten Zaharie Shah.

Azharuddin Abdul Rahman, Direktur Jenderal Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, mengundurkan diri, setelah penyelidik menemukan banyak penyimpangan oleh pengendali lalu lintas udara di Malaysia dan Vietnam.

Ini termasuk gagal untuk memulai fase darurat seperti yang diperlukan, setelah penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing menghilang dari layar radar.

Rahman mengatakan, laporan setebal 400 halaman yang diluncurkan pada 30 Juli menemukan, kontrol lalu lintas udara tidak sesuai dengan prosedur operasi standar.

"Oleh karena itu, dengan penyesalan dan setelah banyak pemikiran dan kontemplasi, saya telah memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai ketua Otoritas Penerbangan Sipil Malaysia efektif empat belas (14) hari dari tanggal pemberitahuan pengunduran diri yang saya layankan hari ini," katanya dalam sebuah pernyataan.

Hilangnya Boeing 777-200 memicu perburuan terbesar dalam sejarah penerbangan. Tapi tidak ada tanda-tanda ditemukan di zona pencarian 46.000 mil persegi Samudera Hindia.

loading...

Dalam laporan itu, para penyelidik mengatakan, mereka masih tidak tahu mengapa pesawat itu lenyap.

Mereka melakukannya, bagaimanapun, meningkatkan kemungkinan bahwa jet itu mungkin telah dibajak meskipun tidak ada bukti konklusif, tentang mengapa pesawat pergi dan terbang selama lebih dari tujuh jam setelah memutus komunikasi.

Mereka mengatakan, perjalanan pesawat Malaysia Airlines telah diubah secara manual, dan menolak untuk mengesampingkan bahwa seseorang selain pilot telah mengalihkan jet tersebut.

Laporan investigasi, yang disiapkan oleh tim internasional beranggotakan 19 orang, mengatakan penyebab hilangnya itu tidak dapat ditentukan sampai rongsokan dan kotak hitam pesawat ditemukan. 

Menteri Perhubungan Anthony Loke pekan lalu bersikeras, aspirasi untuk mencari MH370 belum ditinggalkan dan berjanji untuk mengambil tindakan terhadap setiap kesalahan, yang dilakukan berdasarkan temuan.

Laporan itu mengatakan, ada informasi yang tidak cukup untuk menentukan, apakah pesawat pecah di udara atau selama dampak dengan lautan.

Potongan-potongan puing-puing berserakan yang hanyut di pantai-pantai Afrika dan pulau-pulau Samudra Hindia menunjukkan, hamparan laut jauh yang jauh di mana pesawat itu kemungkinan jatuh. 

Tetapi pencarian pemerintah oleh Australia, Malaysia dan Cina gagal menentukan lokasi. 

Dan pencarian pribadi kedua oleh perusahaan AS Ocean Infinity yang selesai pada akhir Mei, juga tidak menemukan tanda-tanda kemungkinan lokasi kecelakaan.

Pemerintah Malaysia mengatakan, akan melanjutkan pencarian jika bukti yang kredibel di lokasi pesawat itu muncul.

Loading...
Loading...