Rabu, 08 Agustus 2018 15:37 WITA

Soni Sebut Gedung SMAN 1 Makassar Tak Layak Jadi Tempat Belajar

Penulis: Azwar Basir
Editor: Aswad Syam
Soni Sebut Gedung SMAN 1 Makassar Tak Layak Jadi Tempat Belajar
Seorang siswa menunjuk ke lantai 3 Gedung SMAN 1 Makassar yang rapuh, saat sidak Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono dan Kadisdik Sulsel, Irman Yasin Limpo, Rabu (8/8/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono bersama Kadisdik Sulsel Irman Yasin Limpo, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SMAN 1 Makassar, Rabu (8/8/2018). 

Dalam Sidak tersebut, Soni menemukan kondisi SMAN 1 Makassar yang tidak layak sebagai tempat belajar. Seperti taman yang berdebu, juga sampah berserakan di mana-mana. 

Paling parah, gedung utama SMAN 1 Makassar yang sudah tidak layak pakai, Plafon lantai tiga gedung utama tersebut sudah mulai jatuh-jatuh, sehingga siswa baru terpaksa harus belajar di aula dan laboratorium. Ada lima kelas harus belajar di laboratorium dan enam kelas belajar di aula. 

Soni mengatakan, pihaknya akan memasukan gedung yang sudah tidak layak tersebut menjadi prioritas. 

"Terkait sarana untuk sekolah-sekolah yang kondisinya kurang, memang mau tidak mau harus menjadi prioritas, seperti SMA 1 itu sudah tidak layak sebenarnya untuk sebuah proses kependidikan," ujar Soni. 

Loading...

Untuk itu, SMAN 1 Makassar tersebut akan diusulkan untuk dukungan APBN, karena gedung ini akan dirobohkan secara keseluruhan. 

"Gedung itu akan dibangun dari APBN tidak mungkin APBD yang mengkover 3 lantai bangunan seperti itu, tapi APBD sifatnya hanya menambah saja," ujarnya

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Irman Yasin Limpo mengatakan, gedung utama tersebut harus dirobohkan total dengan estimasi Rp25 miliar. Katanya, gedung utama tersebut memang sudah berumur 38 tahun dan sudah seharusnya direnovasi. 

"Bukan cuma lantai tiga, lantai dua dari lantai satu juga harus (dirobohkan), karena tidak mungkin cuma lantai tiga yang di renovasi," tutupnya.

Loading...
Loading...