Rabu, 08 Agustus 2018 13:25 WITA

Appi-Cicu Yakin MK Lanjutkan Perkara, DIAmi Serahkan ke Majelis Hakim

Editor: Nur Hidayat Said
Appi-Cicu Yakin MK Lanjutkan Perkara, DIAmi Serahkan ke Majelis Hakim

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Putusan sela perselisihan hasil pemilihan (PHP) Pilwalkot Makassar 2018 di Mahkamah Konstitusi (MK), dijadwalkan akan dilangsungkan Jumat (10/8/2018). Sesuai jadwalnya, sidang tersebut akan dimulai pukul 13.30 WIB.

Dalam perkara ini, ada dua yang mengajukan gugatan, yaitu dari pihak Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Kuasa Hukum Appi-Cicu, Habibi, mengatakan pihaknya memastikan akan menghadiri jadwal sidang tersebut di Jakarta. 

"Kalau ditanya soal keyakinan, ya pasti kami yakin gugatan kami akan diterima," kata Habibi, saat dikonfirmasi, Rabu (8/8/2018).

Putusan tersebut akan menjadi penentu, apakah perkara Pilwalkot Makassar akan dilanjutkan atau justru dihentikan. Jika dilanjutkan, maka akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan pihak terkait, serta sejumlah hal lainnya yang dianggap dibutuhkan dalam sidang perkara.

Sementara itu, Kuasa Hukum DIAmi, Anzar Makkuasa, tak mau mendahului keputusan majelis hakim. Perihal hasil, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada hasil rapat permusyawaratan hakim (RPH).

"(Soal hasil) nanti kita lihat. Tunggu saja hari H," terangnya. Yang pasti, kata Anzar, pihaknya juga akan menghadiri jadwal sidang tersebut. 

Sebelumnya, sudah dilakukan dua kali sidang pendahuluan, dengan materi pembacaan/penyampaian materi gugatan dari pemohon dan keterangan atau tanggapan/jawaban dari pihak termohon (KPU Makassar).

Kedua pihak menginginkan dua hal yang berbeda. DIAmi menginginkan agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pilwalkot Makassar 2018 pada Oktober, sementara pihak Appi-Cicu menginginkan agar dimenangkan.