Rabu, 08 Agustus 2018 11:59 WITA

Jumat, Perkara Pilwalkot Makassar Akan Diputus di MK

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
Jumat, Perkara Pilwalkot Makassar Akan Diputus di MK

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Putusan sela perselisihan hasil pemilihan (PHP) Pilwalkot Makassar 2018 di Mahkamah Konstitusi (MK), dijadwalkan akan dilangsungkan Jumat (10/8/2018) mendatang. Sesuai jadwalnya, sidang tersebut akan dimulai pukul 13.30 WIB.

Putusan tersebut akan menjadi penentu, apakah perkara Pilwalkot Makassar akan dilanjutkan atau justru dihentikan. Jika dilanjutkan, maka akan dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan pihak terkait, serta sejumlah hal lainnya yang dianggap dibutuhkan dalam sidang perkara.

Sebelumnya, sudah dilakukan dua kali sidang pendahuluan, dengan materi pembacaan/penyampaian materi gugatan dari pemohon dan keterangan atau tanggapan/jawaban dari pihak termohon (KPU Makassar).

Dalam perkara ini, ada dua yang mengajukan gugatan, yaitu dari pihak Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi) dan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu).

Jumat, Perkara Pilwalkot Makassar Akan Diputus di MK

Kedua pihak menginginkan dua hal yang berbeda. DIAmi menginginkan agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) Pilwalkot Makassar 2018 pada Oktober, sementara pihak Appi-Cicu menginginkan agar dimenangkan.