Selasa, 07 Agustus 2018 18:32 WITA

Demokrat Makassar: Bacaleg Saat Ini Lebih Mumpuni

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Mulyadi Abdillah
Demokrat Makassar: Bacaleg Saat Ini Lebih Mumpuni
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Demokrat Makassar yakin dapat menambah sejumlah kursi di DPRD Makassar untuk periode berikutnya, lewat Pileg 2019 mendatang.

Yang menjadi andalannya, yakni Dapil V (Mamajang, Mariso, dan Tamalate). Pasalnya, ada sejumlah figur kuat berada pada dapil tersebut. 

Antara lain peraih suara terbanyak DPRD Makassar pada Pileg 2014 lalu dari PKPI Arifin Dg Kulle. Sang petahana, Susuman Halim dan eks Juru Bicara Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) pada Pilgub Sulsel lalu, Henny Handayani.

"Saat ini kan kita punya 1 kursi dari Dapil V, tapi kami yakin bisa bertambah pada pileg mendatang, minimal 2. Apalagi komposisi bacaleg kita saat ini jauh lebih mumpuni," ucap Ketua DPC Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali, saat diwawancarai di Kantor DPRD Makassar, Jalan AP Pettarani, pada Selasa (7/8/2018).

Selain itu, lanjut ARA, sapaan akrabnya, Dapil II (Wajo, Tallo dan Bontoala), diyakini juga akan mengalami penambahan kursi dewannya. Saat ini, Demokrat menempatkan 2 kadernya di DPRD Makassar lewat Dapil II, yakni Basdir dan Fatma Wahyuddin.

Loading...

"Tapi kita yakin bisa tambah kursinya, menjadi 3. Apalagi beberapa mantan anggota dewan seperti Pak Khaeruddin Hafid kembali ikut dalam pileg nanti dan beberapa figur lainnya," paparnya.

Belum lagi, menurut ARA, dengan sistem penghitungan kursi menggunakan sistem Sainte Lague, membuat Demokrat sedikit lebih diuntungkan. Mengingat, Demokrat merupakan peroleh suara terbanyak pada Pileg 2014 lalu, meski kalah satu kursi dari Golkar. 

Sementara itu, Bendahara Demokrat Makassar, Fatma Wahyuddin justru berharap, partainya mampu menempatkan legislator perempuan lebih banyak lagi. 

"Saat ini kan cuma saya anggota DPRD Makassar perempuan dari Demokrat. Saya berharap, nanti ke depan kita bisa lebih banyak lagi, setidaknya bisa menempatkan 2 atau 3 perempuan Demokrat di DPRD," demikian Fatma. 

Loading...
Loading...