Selasa, 07 Agustus 2018 15:14 WITA

Jelang Iduladha, Dinas Pertanian Luwu Mulai Periksa Hewan Kurban

Penulis: Irwan Musa
Editor: Nur Hidayat Said
Jelang Iduladha, Dinas Pertanian Luwu Mulai Periksa Hewan Kurban

RAKYATKU.COM, LUWU - Tim Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Luwu mulai melakukan pemeriksaan hewan kurban menjelang Iduladha tahun ini.

Pemeriksaan dilakukan sebagai upaya mewaspadai dan pencegahan dini terhadap kemungkinan adanya penyakit pada hewan yang membahayakan manusia, termasuk di antaranya anthrax.

"Kami sudah mulai melakukan pemeriksaan hewan yang akan dijadikan hewan kurban pada Iduladha. Pemeriksaan kami lakukan ke pengusaha ternak, pasar hewan dan di lapangan," ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Luwu, Andi Pangeran, Selasa (7/8/2018).

"Ke pengusaha hewan saat ini sedang berjalan, di antaranya di Desa Botta Kecamatan Suli, dan Desa Komba Kecamatan Larompong, ada puluhan ekor hewan jenis sapi yang kami periksa. Alhamdulillah belum ada temuan penyakit."

"Nanti sasarannya hewan kurban yang ada di lokasi penjualan. Kemudian dilanjutkan pemeriksaan hewan kurban di lokasi pemotongan," ujarnya. 

Andi Pangeran, mengatakan pemeriksaan ternak bagi hewan kurban ini merupakan salah satu bentuk pelayanan guna memberikan rasa aman kepada warga yang hendak berkurban. 

"Alhamdulillah sampai sekarang masih aman, belum ada temuan tapi tidak ada salahnya kalau kita tetap waspada. Yang paling diwaspadai yaitu penyakit anthrax. Sebab berbahaya dan dapat menular dari hewan ke manusia," ujar Andi Pangeran.

Petugas pemeriksaan kesehatan hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Luwu, dr Jumardin Nurdin, mengimbau kepada warga yang hendak kurban agar teliti membeli.

Misalnya, membeli hewan kurban yang sehat yaitu telah diperiksa kesehatan oleh petugas ditandai ada surat keterangan kesehatan hewan atau pemasangan kalung sehat hewan kurban. 

Kemudian hewan kurban tidak cacat, tidak kurus, berjenis kelamin jantan (diutamakan) tidak dikebiri, buah zakarnya lengkap ada dua buah dengan bentuk dan letak simetris. Selain itu beli hewan kurban yang cukup umur.

"Hewan cukup umur itu seperti kambing di atas satu tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sedangkan sapi atau kerbau umurnya di atas dua tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap." 

"Jadi intinya pemeriksaannya sehat atau tidak, cacat atau tidak dan cukup umur atau tidak ditentukan saat pemeriksaan kesehatan hewan di lapangan," kata Jumardin Nurdin.