Jumat, 03 Agustus 2018 19:36 WITA

Mulai Minggu, KPU Sulsel Ambil Alih Tugas KPU Palopo

Penulis: Rizal
Editor: Nur Hidayat Said
Mulai Minggu, KPU Sulsel Ambil Alih Tugas KPU Palopo
Komisioner KPU Sulsel Divisi Umum, Organisasi, dan Rumah Tangga, Asram Jaya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah mengeksekusi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI terkait pemberhentian tetap lima komisioner KPU Palopo. Rapat pleno eksekusi putusan tersebut digelar Kamis (2/8/2018).

Untuk mengisi kekosongan komisioner di KPU Palopo, KPU Sulsel akan mengambil alih tugas lima komisioner yang diberhentikan tersebut untuk menjalankan tahapan pemilihan umum yang saat ini sementara berlangsung.

"Iya, kita aka mengambil alih tugas tersebut. Minggu (5/8/2018) insyaallah saya sudah berangkat ke sana," tutur Komisioner KPU Sulsel Divisi Umum, Organisasi, dan Rumah Tangga, Asram Jaya, saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jumat (3/8/2018).

Hal pertama yang akan dilakukan ketika mulai berkantor di KPU Palopo, menurut Asram, adalah mempersiapkan Daftar Calon Sementara (DCS) bakal calon legislatif tingkat DPRD Kota Palopo.

"Yang paling dekat kan penyusunan dan penetapan DCS," ucapnya.

Loading...

Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, mengungkapkan prosesi pengambilalihan tugas KPU Palopo oleh KPU Sulsel tersebut sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Sudah sesuai. Kalau ada kekosongan komisioner KPU, maka tugasnya itu memang diambil alih oleh KPU setingkat di atasnya," katanya kepada Rakyatku.com saat ditemui di Kantor Bawaslu Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Jumat sore (3/8/2018).

Sekadar diketahui, lima komisioner KPU Palopo yang diberhentikan tersebut masing-masing Haedar Djidar, Syamsu Alam, Faisal, Faisal Mustafa, dan Muhammad Amran. 

Sedianya, kelimanya baru akan mengakhiri jabatannya pada 24 September 2018 mendatang. Dengan demikian, KPU Palopo akan mengalami kekosongan pimpinan selama kurang lebih 2 bulan. Sebab, saat ini pengganti komisioner untuk KPU Palopo juga masih dalam tahap seleksi.

Loading...
Loading...