Kamis, 30 Juni 2016 04:59 WITA

Warga 22 Desa di Wajo Terancam Lebaran di Tengah Banjir

Penulis: Rizal
Editor: Jumardin Akas
Warga 22 Desa di Wajo Terancam Lebaran di Tengah Banjir
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, WAJO - Hingga pekan terakhir jelang Idul Fitri, tercatat sekira 1.207 rumah milik warga serta 782 lahan pertanian masih terendam banjir. Banjir merambah 22 Desa/Kelurahan yang tersebar di empat Kecamatan di Kabupaten Wajo.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, banjir terjadi di 10 Desa/kelurahan diKecamatan Belawa, 5 Kelurahan/Desa di Tanasitolo, 5 Kelurahan/Desa di Tempe  serta 2 Kelurahan/Desa di Kecamatan Sabbangparu.

"Kondisi saat sekarang banjir semakin meluas hingga merambah ke 22 Kelurahan/Desa diempat kecamatan tersebut. Ketinggian air berpariasi mulai 50 sentimeter hingga 1,5 meter," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Alamsyah.

loading...

Alamsyah menjelaskan, akibat dari banjir tersebut diperkirakan beberapa daerah bakal merayakan lebaran (Idul Fitri) dengan kondisi rumah terendam. Sebab  H-8 kondisi banjir masih terhitung cukup tinggi belum lagi perkiraan cuaca yang kurang mendukung serta adanya banjir kiriman dari kabupaten tetangga.

"BMKG Australia menginformasikan masih terjadi angin yang cukup kencang hingga berdampak ke Pulau Sulawesi. Cuaca juga kurang memungkinkan ditambah banjir kiriman dari kabupaten tetangga hingga diperkirakan sebagian daerah bakal merayakan lebaran dengan kondisi banjir. Upaya yang kita lakukan dengan terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Baik itu berupa bantuan dari Pemerintah, PMI dan organisasi lainnya. Termasuk bantuan berupa sembako," terangnya.

Tags
Loading...
Loading...