Kamis, 02 Agustus 2018 23:03 WITA

Stok Melimpah, Bulog Sidrap Distribusikan Beras ke 14 Provinsi di Indonesia

Penulis: Darwis Pantong
Editor: Nur Hidayat Said
Stok Melimpah, Bulog Sidrap Distribusikan Beras ke 14 Provinsi di Indonesia

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Cadangan beras yang tersimpan di sejumlah gudang milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di wilayah Sub Divisi Regional (Divre) Sidrap melimpah.

Kepala Sub Divre Bulog Sidrap, Siti Mardati, mengklaim stok pangan tersebut aman untuk tujuh tahun ke depan.

"Jika untuk konsumsi di lingkup Kabupaten Sidrap, simpanan beras ini bisa untuk 80 bulan," ujarnya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan Pangan Semester II 2018 di Aula Kompleks Gabungan SKPD Sidrap, Kamis (2/8/2018).

Rakor yang dirangkaikan dengan sosialisasi pengadaan gabah dan beras dalam negeri ini dihadiri sejumlah pengurus dan anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan pengusaha penggilingan beras se-Kabulaten Sidrap.

Mardati mengatakan, beras yang melimpah tersebut sebagian besar didistribusikan ke sejumlah provinsi di Indonesia. 

Loading...

"Saat ini kami sudah menyalurkan beras ke 14 provinsi. Karena kalau untuk kebutuhan Kabupaten Sidrap, pasokan beras ini terlalu banyak," jelasnya.

Umumnya, Bulog Sidrap menyuplai beras keluar daerah sebanyak 31.730 ton setiap pengiriman. “14 provinsi ini, khususnya Maluku dan Papua merupakan langganan distribusi beras kami setiap musim pengadaan pangan," papar Mardati.

Untuk daerah di dalam provinsi, lanjut Mardati, salah satu daerah yang menjadi sasaran penyaluran beras Bulog Sidrap adalah Kabupaten Enrekang.

Sementara, lanjut Mardati, untuk penyerapan gabah pada musim pengadaan dari Januari hingga Juli 2018 sebanyak 42.372 ton atau 54,33 persen dari target 78 ribu ton tahun ini. “Jadi sisa target yang ingin kita capai tinggal 36 ribu ton,” lontarnya.

Loading...
Loading...