Kamis, 02 Agustus 2018 19:21 WITA

Maksimalkan Implementasi Program Sertifikat Tanah Gratis, BPN Minta Pemdes Aktif

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Maksimalkan Implementasi Program Sertifikat Tanah Gratis, BPN Minta Pemdes Aktif

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Upaya pemerintah dalam menuntaskan masalah administrasi sertifikat tanah warga yang diberikan secara gratis di Kabupaten Pangkep, melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) membutuhkan peran desa dan kelurahan untuk melakukan pengusulan.

Kepala BPN Kabupaten Pangkep, Arman mengatakan, setiap desa dan kelurahan dapat mengusulkan pembuatan sertifikat tanah gratis melalui BPN, Dinas Perikanan maupun Dinas Pertanian. Apalagi jumlah alokasi sertifikat gratis terus bertambah dari tahun ke tahun sebagaimana progran PTSL.

"Program ini masih akan berlanjut tahun depan, dengan kuota lebih banyak lagi. Pemerintah kelurahan/desa dapat mengusulkan ke kami bidang tanah warganya yang belum memiliki sertifikat. Kalau sertifikat nelayan mengusul ke Dinas Perikanan, kalau sertifikat petani ke Dinas pertanian, jadi sesuai satker masing-masing. Saya tegaskan, ini gratis," ujar Arman.

Dikatakan Arman, selain program PTSL, BPN Pangkep juga memiliki program gratis lainnya yang diperuntukkan bagi nelayan, petani, UKM dan juga Redis. Kuotnya bervariasi sesuai kuota yang telah ditentukan pusat.

loading...

Untuk PTSL kuota Pangkep 3000 bidang untuk tahun 2018, dan kemungkinan akan bertambah tahun depan. Redis 600, sertifikat bagi nelayan, petani dan UKM, masing-masing sebanyak 200 sertifikat di tahun 2018.

“Bukan hanya PTSL yang kita kerja, banyak program kerja yang kita jalankan, hanya saja personil kurang. Saat ini, kita fokus prioritas penuntasan pengukuran bidan lahan Rel Kereta Api, namun semua program itu akan kita selesaikan maksimal bulan Desember," ungkap Arman.

Loading...
Loading...