Selasa, 31 Juli 2018 15:13 WITA

3 Incumbent KPU Palopo Tak Lolos 10 Besar, Alasannya Mengejutkan

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
3 Incumbent KPU Palopo Tak Lolos 10 Besar, Alasannya Mengejutkan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tiga incumbent calon komisioner KPU Palopo dinyatakan tidak lolos untuk tahapan berikutnya. 

Hal itu setelah, tim seleksi mengeluarkan 10 nama yang dinyatakan lolos tahapan seleksi tes kesehatan dan tes wawancara pada 30 Juli 2018.

Anggota Tim Seleksi, Andi Lukman Irwan, mengatakan ketiganya tidak lolos karena imbas dari sanksi DKPP yang memecat 5 Komisioner KPU Palopo beberapa waktu lalu. 

Pemecatan tersebut dikarenakan KPU Palopo dianggap tidak menjalankan keputusan Panwaslu Palopo yang memerintahkan untuk mendiskualifikasi salah satu pasangan kandidat.

"Dalam PKPU itu jelas. Kalau sanksinya adalah pemberhentian tetap, maka secara otomatis (petahana) tidak bisa diikutkan dalam proses seleksi selanjutnya," kata Lukman, saat dikonfirmasi via sambungan telepon, Selasa (31/7/2018).

Lukman mengaku lupa PKPU nomor berapa yang dijadikan rujukan tersebut. Namun, ia menegaskan, Timsel mengambil keputusan berdasarkan PKPU yang mengatur khusus perihal persyaratan pencalonan calon komisioner.

Loading...

Selanjutnya, kata Lukman, 10 nama tersebut akan kembali melakukan fit and proper (uji kepatutan dan kelayakan). Cuma, lanjutnya, yang menggelar hal itu yakni KPU RI.

"Jadi 10 nama ini akan kita serahkan ke KPU RI. Perihal jadwalnya, itu merupakan kewenangan KPU RI. Tugas Timsel cuma menjaring calon komisioner hingga 10 nama saja, selebihnya ditangani oleh KPU RI," pungkasnya.

Berikut 10 calon komisioner KPU Kota Palopo:

1. Abbas (Advokat)
2. Abdul Haris Mubarak (Dosen)
3. Abdullah Jaya Hartawan (Wartawan)
4. Aprianto (LSM)
5. Ahmad Adiwijaya (Dosen)
6. Efendi Samaila (Wiraswasta)
7. Habibie Sahidi (Honorer)
8. Hisma Kahman (Dosen/Advokat)
9 Iswandi Isnail (Jurnalis)
10. Surahman (Dosen)

Loading...
Loading...