Rabu, 29 Juni 2016 21:09 WITA

Ini Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu Tentang Lailatul Qadar

Penulis: Ais Nurbiyah Al- Jum'ah
Editor: Jumardin Akas
Ini Hal Penting yang Wajib Kamu Tahu Tentang Lailatul Qadar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sepuluh hari terakhir Ramadan tiba. Pada waktu inilah banyak pahala melebihi hari-hari lain di Bulan Suci Ramadan.

Pada malam ini, ada satu malam yang paling istimewa yakni disebut malam lailatul qadar adalah sebuah malam yang oleh Al-Quran disebutkan lebih baik dari seribu bulan. 
Malam ini hanya terjadi sekali dalam setahun yaitu pada bulan Ramadan dan salah satu kemuliaan bulan Ramadan adalah karena terdapatnya malam yang istimewa ini di dalamnya.

"Oleh karena itulah maka malam yang mulia ini adalah merupakan malam yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh ummat Islam," papar Dosen Ilmu Tafsir Universitas Islam Negeri Uin Alauddin Makassar, Drs. Alamsyah, M.Hum, Rabu (29/6/2016).

Setiap Muslim dianjurkan meningkatkan ibadah dan amal saleh dalam waktu sepuluh hari terakhir ini. Salah satu tujuannya agar tidak kehilangan malam lailatul qadar dan keutamaan di 10 malam terakhir itu.

Adapun tanda-tanda datangnya malam lailatul qadar tersebut yakni udara dan angin sekitar terasa tenang. Tanda ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan Ath Thoyalisi.

"Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, 'Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” Haytsami mengatakan periwayatnya adalah tsiqoh atau terpercaya.

loading...

Malaikat menurunkan ketenangan sehingga manusia merasakan ketenangan dan kelezatan dalam beribadah. Tidak seperti ibadah pada hari-hari lainnya.

Matahari terbit dalam keadaan jernih pada pagi harinya, tidak ada sinar.

"Dari Abi bin Ka’ab, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, 'Subuh hari dari malam lailatul qadar matahari terbit tanpa sinar, seolah-olah mirip bejana hingga matahari itu naik'." (HR Muslim).

Sementara kapan datangnya, menurut Alamsyah mayoritas Ulama berpendapat bahwa datangnya Lailatul Qadar adalah setiap tahun sebab Nabi selalu menunggu kehadirannya dan menghimbau ummatnya untuk menanti kedatangannya pada malam-malam ganjil sepuluh yang terakhir daripada bulan Ramadan.

Pendapat yang terakhir inipun berbeda-beda dalam hal tanggal kedatangannya. Ada yang berpendapat pada malam tanggal 27 Ramadhan, ada pula yang berpendapat malam tanggal 21, ada juga yang berpendapat tanggal 23, tanggal 25, dan tanggal 29. Ada juga yang berpendapat tanggal kedatangannya bergatian antara tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29, namun pendapat kebanyakan ulama adalah datangnya pada malam 27 Ramadan.

Loading...
Loading...