Selasa, 31 Juli 2018 08:09 WITA

"Aku 100 Persen Pria, Secara Hukum Saya Wanita", Ubah Jenis Kelamin Demi Tarif Murah

Editor: Aswad Syam

RAKYATKU.COM, KANADA - Seorang pria Kanada berusia awal 20-an, tidak senang dengan kutipan tinggi yang didapatnya dari perusahaan asuransi mobilnya, jadi dia memutuskan melakukan sesuatu tentang hal itu: dia secara sah mengalihkan jenis kelaminnya dari pria ke wanita.

Penduduk Alberta, Kanada, yang berusia 24 tahun yang licik, pertama-tama merinci taktik asuransinya di Reddit pada bulan April, dengan mengatakan bahwa mengubah jenis kelaminnya di atas kertas menyelamatkannya hampir USD1.100 setahun.

"Saya telah memanfaatkan celah," kata lelaki itu, yang dipanggil CBC.ca David, kepada outlet berita. "Aku laki-laki, 100 persen. Secara hukum, aku wanita."

Awal tahun ini, David yang saat itu berusia 23 tahun membeli Chevrolet Cruze baru dan diharuskan mendapatkan polis asuransi penuh.

Ketika dia menghubungi perusahaan asuransi, dia dikutip USD4.517. Catatan mengemudinya termasuk kecelakaan kecil dan beberapa tiket yang melaju kencang.

“Jadi saya bertanya. “Karena penasaran, berapa besar premi saya jika saya adalah seorang wanita?” David menulis dalam posting April Reddit . 'Broker kembali dengan penawaran USD3423. Holy f ***. '

Baik di Kanada dan AS, pengemudi laki-laki di bawah usia 25 biasanya diminta untuk membayar lebih, untuk asuransi mobil daripada wanita, karena mereka secara statistik lebih mungkin untuk mempercepat dan masuk ke kecelakaan mobil.

David marah dengan apa yang dia anggap sebagai diskriminasi berbasis gender, dan meminta broker asuransinya mengubah jenis kelaminnya di atas kertas menjadi perempuan, tetapi permintaannya ditolak.

Tidak terpengaruh, David memutuskan mengubah jenis kelaminnya secara hukum dengan Pemerintah Alberta, sehingga ia dapat memperoleh akte kelahiran baru dan SIM baru yang mencantumkannya sebagai seorang wanita, yang kemudian dapat diambil kembali kepada firma asuransi.

Untuk melakukan itu, pengendara hemat, dia harus mendapatkan surat dari dokternya yang mengatakan dia diidentifikasi sebagai seorang wanita.

Mula-mula, David mengira itulah ujung jalan bagi perusahaannya karena dia tidak mau menjalani operasi penggantian kelamin, tetapi dia keliru: yang harus dia lakukan hanyalah memberitahu dokternya bahwa dia ingin mengubah jenis kelaminnya.

Setelah menyerahkan surat dokter dan semua formulir yang diperlukan, David menerima surat akte kelahirannya yang baru, di mana jenis kelaminnya terdaftar sebagai perempuan.

"Saya cukup terkejut, tetapi saya juga lega," katanya. “Saya merasa seperti saya mengalahkan sistem. Saya merasa seperti saya menang. '

Dipersenjatai dengan akte kelahirannya yang baru, David kembali ke perusahaan asuransinya dan mendapatkan tarif yang lebih rendah, menghemat USD91 sebulan.

'Saya melakukannya untuk asuransi mobil yang lebih murah,' dia mengakui kepada CBC, meskipun di Reddit dia menambahkan klaim yang tidak diakui bahwa dia tidak secara hukum mengubah jenis kelaminnya 'semata-mata untuk asuransi mobil yang lebih murah, meskipun, itu adalah dan merupakan faktor besar bagi saya dan orang lain yang menderita dysphoria jender. '  

Anggota komunitas trans di Kanada bereaksi dengan kemarahan terhadap skema pemotongan biaya David.  

“Saya pikir itu mengurangi seluruh proses. Ini semacam meragukan motif orang lain untuk membuat perubahan itu, 'kata Marie Little, mantan ketua Masyarakat Aliansi Trans. "Saya pikir itu memberikan amunisi kepada orang-orang yang ingin mengambil hak dari orang trans."

Seorang pejabat terpilih di Alberta dengan marah men-tweet pekan lalu bahwa David telah berkomitmen - dan kemudian mengakui - kejahatan sumpah palsu, dapat dihukum hingga 14 tahun penjara.