Senin, 30 Juli 2018 22:57 WITA

Berkas 884 Bacaleg DPRD Provinsi Masih Bermasalah

Penulis: Rizal
Editor: Aswad Syam
Berkas 884 Bacaleg DPRD Provinsi Masih Bermasalah
Ilustrasi Bacaleg

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan, merilis jumlah bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi yang masih bermasalah berkasnya. Dari total 1.235 Bacaleg yang menyetor berkas ke KPU, 884 di antaranya dinyatakan berstatus belum memenuhi syarat (BMS). 

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, status BMS mereka lantaran adanya berkas yang tidak terpenuhi sesuai dengan ketentuan PKPU. Seperti, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), keterangan dari pengadilan, keterangan sehat jiwa dan jasmani.

"Ada yang terkendala di dokumen ijazah belum legalisir, kesehatan jasmani dan rohani, keterangan bebas narkoba, sama SKCK dan keterangan atau surat dari pengadilan (keterangan tak pernah terpidana)," tuturnya, Senin (30/7/2018).

Menurut Asrar, berkas Bacaleg yang belum lengkap tersebut, telah dikembalikan ke parpol untuk dilengkapi dan diperbaiki. Adapun batas akhir masa perbaikan tersebut, yakni Selasa (31/7/2018) besok.

"Jika tak penuhi syarat, kita kembalikan untuk dilengkapi sampai tanggal 31 Juli 2018,” tambahnya.

Lebih lanjut, Asrar menjelaskan, jika sampai batas masa perbaikan berakhir dan para Bacaleg tersebut tidak melengkapi berkasnya, otomatis akan langsung dicoret sebelum penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).  Mereka yang dicoret pun, tak serta merta bisa digantikan oleh parpol bersangkutan.

"Kalau selama proses perbaikan, dia tidak menyampaikan berkasnya atau perbaikannya tidak memenuhi syarat, akan dinyatakan TMS, maka dihapus dari DCS. Tapi partai tidak bisa memasukkan nama (pengganti) disitu. Jadi otomatis nomor urut dibawahnya akan naik. Parpol akan kekurangan kuota Caleg di Dapil (Daerah Pemilihan) tersebut," pungkasnya.

Loading...

Berdasarkan catatan KPU Sulsel, 884 Bacaleg yang belum lengkap berkasnya tersebut, merupakan akumulasi dari 16 parpol yang sebelumnya memasukkan Bacaleg untuk DPRD Provinsi Sulsel. Dari data itu, terlihat 2 parpol baru tak satu pun Bacalegnya yang memenuhi syarat (MS). 

Parpol baru tersebut yakni Garuda dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). 56 Bacaleg Garuda untuk 9 Daerah Pemilihan (Dapil) di Sulsel tak satu pun yang memenuhi syarat. Lalu, PSI yang memasukkan 85 Bacaleg di 11 Dapil juga bernasib sama. 

Sementara dua parpol baru lainnya sedikit lebih baik. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) hanya perlu memperbaiki berkas 53 Bacalegnya dari 85 total Bacaleg. Lalu, Bacaleg Berkarya yang harus melakukan perbaikan ada sebanyak 64 orang.

Tak hanya parpol baru, kondisi parpol lama pun tak jauh berbeda. Misalnya, Nasdem yang total Bacalegnya 85 orang, namun 62 diantaranta berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS). 44 Bacaleg PDIP dari total 85 Bacaleg juga berstatus BMS. 70 Bacaleg Gerindra juga berstatus sama dengan PDIP. Dari data itu, Bacaleg Golkar tampak yang paling sedikit yang dinyatakan BMS yakni hanya 25 orang dari 85 Bacaleg. 

Selain parpol tersebut diatas, parpol lain yang Bacalegnya BMS yakni PKB 67 BMS dari 85 bacaleg, PDIP 44 BMS dari 85 Bacaleg, PKS 70 dari 81 bacaleg, PPP 62 dari 85 bacaleg, PAN 58 dari 85, Hanura 50 dari 85, Demokrat 78 dari 85, PBB 33 dari 81 dan PKPI 5 BMS dari 6 jumlah Bacaleg.

Loading...
Loading...