Senin, 30 Juli 2018 20:06 WITA

Di Depan DPR RI, Kakanwil Kemenkumham Jamin Lapas Sulsel Tak Seperti Sukamiskin

Penulis: Himawan
Editor: Aswad Syam
Di Depan DPR RI, Kakanwil Kemenkumham Jamin Lapas Sulsel Tak Seperti Sukamiskin
Anggota Komisi III DPR RI, Akbar Faizal dan pihak dari Kanwil Kemenkumham Sulsel, dalam sebuah acara di Kejati Sulsel, Senin, (30/7/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Imam Suyudi memastikan, tidak ada fasilistas mewah untuk para napi di lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Sulawesi Selatan. 

Imam Suyudi mengungkapkan itu, seusai menghadiri pertemuan dengan komisi III DPR RI di Kejati Sulsel, Senin (30/7/2018). Ia juga mengungkapkan, tidak ada pungutan-pungutan liar yang terjadi di lapas selama ia menjadi Kepala Kanwil Kemenkumham di Provinsi Sulsel. 

"Saya pastikan di wilayah Sulawesi Selatan, tidak ada fasilitas-fasilitas khusus bagi narapidana-narapidana tertentu," kata Imam. 

Ia juga menambahkan, untuk saat ini ada 206 narapidana korupsi yang tercatat di Kemenkumham. 188 narapidana korupsi kini menempati lapas klas 1A Makassar. Imam menjamin, 188 napi korupsi itu tidak memiliki fasilitas khusus apalagi sampai fasilitas mewah. 

"Saya sering ke sana, saya memastikan di sana tidak ada jual beli hak untuk mendapatkan remisi, untuk mendapatkan pembebasan bersyarat, dan untuk mendapatkan cuti bersyarat, itu tidak ada," imbuhnya. 

Mantan Kepala Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan ini juga mengatakan, pihaknya kini rutin melakukan monitoring hingga ke lembaga-lembaga pemasyarakatan, agar para narapidana mendapatkan haknya tanpa adanya pungutan liar. 

Loading...

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Akbar Faizal menyebut, Kementerian Hukum dan HAM saat ini, memang sudah memberikan assemen langsung ke daerah-daerah. 

Untuk itu, ia tetap meminta publik langsung mengkritisi jika menemukan keganjilan di lembaga penegak hukum, khususnya di luar daerah Jakarta. 

"Tolong beritakan, informasikan, dan kritisi hal-hal seperti ini. Kami dari komisi III datang ke sini untuk memastikan, bahwa seluruh penegakan hukum itu berjalan seperti adanya di sini," kata politisi dari partai Nasdem ini. 

Sebelumnya, beberapa narapidana korupsi di Lapas Sukamiskin mendapatkan fasilitas mewah selama berada di dalam jeruji besi itu. Hal ini kemudian banyak mendapat cercaan dari publik. 

Karena hal ini, Menteri Hukum dan Ham, Yassona Laoly memecat Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Indro Purwoko, dan Kadiv Lapas Sukamiskin, Afri Sahri.

Loading...
Loading...