Senin, 30 Juli 2018 16:56 WITA

Beruang Kutub Ditembak Mati Setelah Melukai Penjaga Kapal Pesiar

Editor: Suriawati
Beruang Kutub Ditembak Mati Setelah Melukai Penjaga Kapal Pesiar
Foto: EPA

RAKYATKU.COM - Seekor beruang kutub ditembak mati setelah menyerang seorang penjaga kapal pesiar di kepulauan Arktik di Norwegia pada hari Sabtu.

Menurut BBC, penjaga menembak beruang kutub itu setelah menyerang seorang penjaga yang ditugaskan untuk melindungi turis dari kapal pesiar MS Bremen di pulau paling utara Svalbard.

Penjaga yang terluka itu telah diterbangkan ke rumah sakit di kota Longyearbyen dengan cedera kepala yang tidak mengancam nyawa dan dalam kondisi stabil.

Perusahaan kapal pesiar, Hapag-Lloyd Cruises mengatakan semua kapal di daerah itu harus mempekerjakan penjaga untuk melindungi penumpang dari beruang kutub selama tur.

"Ada aturan yang sangat ketat di sini karena pulau-pulau ini dikunjungi oleh banyak beruang kutub di musim panas, jadi kita semua harus waspada ketika kita di darat," demikian postingan seorang pemandu di situs web perusahaan menyatakan.

Berita tentang penembakan itu dikritik di media sosial oleh pengamat. Mereka menyalahkan perusahaan karena mengganggu habitat beruang kutub.

Loading...

Pariwisata di daerah tersebut telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan berada pada titik tertinggi di musim panas. 

Jadwal pelabuhan Longyearbyen menunjukkan bahwa 18 kapal pesiar akan berlabuh di pelabuhan minggu ini, menurut Sky News.

Para ilmuwan percaya aktivitas manusia dan perubahan iklim telah berkontribusi pada peningkatan serangan beruang kutub, yang paling mungkin terjadi ketika hewan sangat lapar.

Meningkatnya suhu telah memaksa beruang kutub keluar dari habitat es alami mereka dan lebih dekat ke pemukiman manusia, sehingga mengurangi ketakutan mereka terhadap manusia.

Loading...
Loading...