Rabu, 29 Juni 2016 16:58 WITA

Jelang Lebaran, BPJS Permudah Layanan Kesehatan

Penulis: Herson Pasuang
Editor: Vkar Sammana
Jelang Lebaran, BPJS Permudah Layanan Kesehatan

RAKYATKU.COM - Jelang mudik Lebaran dan hari raya Idul Fitri, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) wilayah Toraja memberikan kemudahan layanan kesehatan bagi pemegang kartu JKN-KIS dan BPJS Mandiri terkait prosedur pelayanan.

Jadi seluruh peserta JKN-KIS maupun pemegang kartu BPJS Mandiri bisa menikmati layanan kesehatan dengan prosedur yang lebih mudah selama mudik dan lebaran. Termasuk yang sedang bepergian ke luar kota dan ke daerah lain. 

Peserta JKN-KIS yang berada diluar kota bisa dilayani tanpa perlu melapor ke kantor cabang BPJS setempat. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPJS Kesehata Cabang Makale Wahida Yusuf, S.s, Apt, AAAK  saat jumpa pers bersama media dengan tema "Mudik Nyaman Selama di Kampung Halaman Bersama BPJS Kesehatan" di Rumah Sakit Lakipadada Jl Pongtiku 486. Bombongan, Makale.

Didampingi Oleh direktur Rumah sakit lakipadada dr. Rudhy Andilolo dan Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja dr. Samuel. Ibu Wahidah menjelaskan mengenai kemudahan yang bisa dipeoleh peserta JKN-KIS. Menurutnya kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. 

Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit saat melakukanperjalanan mudik ataupun kembali ke tempat tinggalnya tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat. atau tidak perlu mengunjungi FKTP semenatara. Ini didasarkan pada prinsip portabilitas yang diemban oleh BPJS Kesehatan. 

loading...

"Penting untuk diingat bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta pemegang kartu JKN-KIS yang masih aktif, oleh karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif," ungkap Wahidah. 

"Untuk mengecek status kepesertaannya dapat dilakukan melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu "cek iuran" peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dan hotline service Kantor cabang diseluruh Indonesia, dapat dilihat di Website BPJS Kesehatan," Lanjut Wahidah. 

Lebih jauh Wahidah menjelaskan bahwa selama prosedur peserta JKN-KIS dilakukan dengan benar berddasarkan prosedur dan ketentuan yang berlaku serta tindakan medis yang diperoleh berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta. 

Selain itu BPJS Kesehatan juga membuka posko Mudik di 5 titik padat pemudik yaitu Pelabuhan Merak, Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Gilimanuk, Bali, dan Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar. Setiap posko tersebut menyediakan pelayanan kesehatan obat-obatan fasilitas relaksasi hingga sosialisasi jaminan kesehatan kepada para pemudik. 

Loading...
Loading...