Sabtu, 28 Juli 2018 17:37 WITA

HUT Rakyatku.com; 14 Jam Non-Setop, Senang, Lupa Makan Siang

Editor: Aswad Syam
HUT Rakyatku.com; 14 Jam Non-Setop, Senang, Lupa Makan Siang
Direktur Rakyatku.com, Subhan Yusuf

INI menjadi pengalaman pertama dalam hidup saya. Sehingga, saya anggap, perlu berbagi. Mungkin, salah satunya; rasa senang, yang saya tidak bisa simpan sendiri. 

Sebagai; pertama, wujud rasa syukur. Kedua, apresiasi tinggi. Dan, ketiga, rasa terima kasih yang begitu besar. Terkhusus, kepada teman, saudara, dan juga relasi Rakyatku.com. Juga, adek-adek saya di keluarga besar Rakyatku.com.

Ceritanya begini. Jumat, 27-07-2018, media online Rakyatku.com, merayakan Ultah yang ke-3. Itu berarti, sudah 10 tahun saya diberi amanah memimpin perusahaan media. Tentu, empat media berbeda. Satu tahun di Fajar TV. Tiga tahun di Ujungpandang Ekspres. Tiga tahun di Rakyat Sulsel. Dan, kemarin, genap tiga tahun di Rakyatku.com.

Sekilas mengenang masa lalu, pada 1999 mulai meniti karier sebagai reporter. Dari reporter magang. Reporter pembantu. Reporter organik. Redaktur internasional. Kepala biro pemberitaan Jakarta (lima tahun). Dan, redaktur pelaksana (Redpel) di Fajar. Jabatan terakhir sebagai Redpel di media yang sampai sekarang saya selalu cintai; Harian Fajar, juga lima tahun. Berarti, sudah 20 tahun lebih saya menggeluti dunia media. Tapi, kok, merasa belum ada apa-apanya ya..hehehe

Kembali ke pengalaman pertama, yang saya ingin ceritakan. Pada Ultah Rakyatku.com yang ke-3, panitia Ultah yang dipimpin Adil Patawari (manager iklan), meminta untuk hadir pukul 08.00 Wita, Jumat, kemarin. Kata dia, sudah ada teman-teman yang hadir pada jam itu. "Konfirm, kak," katanya, yang dibenarkan Aswin, Wadir Bisnis.  

Jalanan tak bersahabat (sedikit macet di Pasar Toddopuli), saya tiba pukul 08.05 Wita. Ternyata, betul. Sudah ada teman-teman dari Mal Pipo dan Hospitality Group. Menunggu CEO-nya, yang juga "guru" saya, Anggiat Sinaga. 

Tak berselang lama, teman-teman pimpinan dari Hospitality Group datang. Sangat lengkap. CEO-nya, Anggiat Sinaga, GM Dalton, GM Claro; semua. Tak ketinggalan tukang masak dan makanan yang begitu lezat dibawa serta. Plus kue dan nyanyian happy birthday. Sebuah wujud apresiasi buat Rakyatku.com yang luar biasa. Melalui tulisan ini, saya mewakili keluarga Rakyatku.com untuk menyampaikan terima kasih tak terhingga. Kami bangga bersahabat dengan Hospitality Group! 

Selanjutnya, teman-teman dari Aston, Fave, D'Maleo, Aryadhuta, Kalla Toyota, Arthama, dan masih banyak lagi (maaf tidak bisa menyebut satu persatu), silih berganti. Teman yang bak saudara bagi Rakyatku.com ini menyampaikan ucapan selamat. Tak kenal macet. Pun siap menyempatkan waktu kasip dalam aktivitas yang begitu padat. Sekali lagi, Rakyatku.com menyampaikan terima kasih tak terhingga.

Pukul 12.00 Wita, jelang azan salat Jumat, saya minta izin. Bersamaan, teman dari Nipah Mal dan beberapa dari hotel, sudah hadir. Usai salat Jumat, langsung lanjut menerima teman-teman dari GMTD, Pemkot Makassar, Pemkot Gowa, Kadin, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, dan masih banyak lagi. Saya didampingi Mulyadi Abdillah (Pemred), Aswad Syam (Wapemred), Alief Sappewali (Wapemred), Aswin Amin (Wadir), Muh Taufik (Wadir) dan teman yang lain. Ternyata, tak terasa waktu sudah jelang magrib. Saking senangnya, saya lupa makan siang. 

Usai magrib, sudah ada saudara lainnya yang hadir berbagi kebahagiaan. Selanjutnya, "Jenderal" Badaruddin (Ka bidang Diskominfo Sulsel), BPJS Ketenagakerjaan, dan masih banyak lagi. Terakhir, seorang sahabat yang mantan wartawan. Saya melihat jam, sudah pukul 22.30 Wita. Berarti, 14 jam non-setop bersama teman, saudara, dan relasi di hari bahagia Rakyatku.com. 

Sekali lagi, ini menjadi sebuah pengalaman hidup yang petama selama 10 tahun menjadi pemimpin media. Tersadar, alhamdulillah, Rakyatku.com mempunyai banyak teman, saudara, dan relasi. Sekali lagi, mewakili keluarga Rakyatku.com, saya ingin menyampaikan terima kasih banyak. Terima kasih, tak terhingga. Semoga kebaikan dan keikhlasan rekan-rekan ini dibalas oleh Yang Maha Tahu. 

Loading...

Ini sekaligus menjadi lonceng pengingat kepada adek-adekku di Rakyatku.com. Terutama, bagi jurnalis (wartawan) dan editor. Bahwa tugas seorang jurnalis itu mulia. Sehingga, harus dijaga. Kabarkan kebenaran. Selalu, merujuk pada fakta (sebagai alquran atau alkitab). Tanamkan trust (kepercayaan). Dan satu lagi, jangan sakiti orang (dalam artian, pun sebuah kesalahan maka tetap harus mendahulukan konfirmasi).

Air Mata Perpisahan

Ultah Rakyatku.com yang ke-3, juga diwarnai air mata. Ainun, salah satu reporter bisnis yang menjadi kader Mulyadi Abdillah (Pemred Rakyatku.com), menyampaikan kabar sedih. Dengan air mata, ia mendekati saya. Pamit!

Saya memeluknya. Juga menyampaikan, pilihan orangtuanya (diminta ayahnya untuk ikut ke Sulbar, Red) juga betul. Saya menguatkan hatinya bahwa hidup itu adalah pilihan. Pun masih cinta dengan Rakyatku.com dan profesi sebagai wartawati, faktor lain tetap juga harus dipertimbangkan. Saya pesankan, jiwa jurnalismu harus tetap hidup. Selalu menyampaikan kebenaran. Merujuk pada fakta. Dan jika sempat, tetap menulis.  

Namun, menutupi kesedihan itu, beberapa adek-adek saya yang sebelumnya pernah bergabung di Rakyatku.com dan memilih profesi lain (lanjut kuliah di UI, dll), hadir. Mereka turut merayakan media yang telah menjadi "kampus"-nya. Mereka berpelukan, bercanda, dan tertawa lepas. Saya merasa sangat senang melihatnya. Mudah-mudahan, kekeluargaan mereka itu tetap terpelihara.

Pengunjung 410 Ribu

Fokus di tahun ke-3, membuat saya sedikit gelisah. Khawatir jangan sampai pengunjung Rakyatku.com drop. Itu karena semua personel media dengan tagline Berita Dalam Genggaman ini (terutama wartawan), merangkap panitia. Jelas, konsentrasi meliput berita terbagi.

Saya pun mengecek google analityc pada pukul 00.30 Wita, setelah sampai di rumah. Ya, ingin memastikan pengunjung Rakyatku.com pada Jumat (27-07-2018). Ternyata, jumlah pengunjung 400 ribu lebih. Tepatnya, 410,100. Karena ada agenda "besar", ukuran pengunjung not so bad. (*)

oleh Subhan Yusuf
Direktur Rakyatku.com

Loading...
Loading...