Sabtu, 28 Juli 2018 13:47 WITA

Jawabannya Berubah-ubah, Tim Hukum Sumanga'Na Digelari Power Rangers oleh Hakim MK 

Editor: Abu Asyraf
Jawabannya Berubah-ubah, Tim Hukum Sumanga'Na Digelari Power Rangers oleh Hakim MK 
Hakim konstitusi I Dewa Gede Palaguna (kanan).

RAKYATKU.COM - Ada yang unik dalam sidang Perselisihan Hasil Pilkada (PHP) Bantaeng di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (27/7/2018). Seorang hakim MK menyebut tim hukum pemohon, Andi Sugiarti MK-Andi Mappatoba (Sumanga'Na) mirip Power Rangers.

Hal itu dipicu saat tim hukum pemohon memberikan keterangan yang berubah-ubah. Kondisi ini membuat hakim merasa kesal dan menyebut tim hukum pemohon sebagai Power Rangers.

Terungkap dalam beredarnya transkrip sidang tersebut dimana hakim menanyakan maksud dari istilah PSU. "Tadi tambahan nomor 3 itu yang saudara maksud dengan PSU itu apa?" tanya hakim anggota, I Dewa Gede Palaguna.

Lantas dijawab, "Pemungutan suara ulang," kata tim hukum Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba, Feldy Taha.

Hakim pun lalu menjelaskan bahwa pemungutan suara ulang itu berbeda dengan pemilihan suara ulang. "Ya, pemungutan suara ulang. Bukan pemilihan, ya? Karena itu dua hal yang berbeda. Yang mana saudara? Pemilihan suara ulang?" kata hakim MK menegaskan.

"Pemilihan suara ulang," jawab tim hukum pemohon. 

Hakim MK lalu heran dan kembali bertanya. "Ha?". Kemudian dijawab ulang lagi oleh tim hukum pemohon, "pemungutan suara ulang, Yang Mulia," kata tim hukum pemohon.

Pernyataan ini membuat hakim mengeluarkan istilah Power Rangers itu. "Baru ditanya begitu saja, langsung saudara power rangers berubah-ubah. Bagaimana ini? Ya, pemungutan suara ulang ya? Tegas ya! Termohon sama pihak terkait, yang dimaksud dengan PSU itu adalah pemungutan suara ulang," kata hakim.

Hasil rekapitulasi KPU Bantaeng, Pasangan calon nomor urut 3, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH) unggul perolehan suara dengan meraup sebanyak 48.549 suara. Disusul oleh paslon nomor urut 2, Andi Sugiarti Mangun Karim-Andi Mappatoba (Sumanga'Na) yang meraih 40027 suara. Dan paslon nomor urut 1, Muh. Alwi-Nurdin Halim (Siana'ta) sebesar 17.267 suara.