Jumat, 27 Juli 2018 15:44 WITA

Pengamat Sebut Kaum Muda Cocok Duduk di DPD RI

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pengamat Sebut Kaum Muda Cocok Duduk di DPD RI

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sejumlah bakal calon senator muda Sulawesi Selatan berpeluang melenggang dan berkarya di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Selain karena kreatif, berbagai potensi yang dimilikinya sudah saatnya diaplikasikan di lembaga negara seperti DPD.

Pengamat politik dari Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono, mengatakan hal itu dalam sesi dialog di Makassar, Jumat (27/7/2018).

Menurutnya, selain karena beberapa incumbent tidak lagi ikut bertarung, kaum muda lebih memiliki inovasi untuk rakyat saat mengabdi di lembaga tinggi negara tersebut.

"Khusus untuk DPD ini, dukungan terhadap kandidat yang akan bertarung sebenarnya sudah terpetakan. Namun, bagi kandidat muda saya yakin memiliki peluang untuk dipilih bukan sebagai calon alternatif tetapi memang memiliki kapasitas untuk duduk di DPD," ungkapnya.

Pengamat Sebut Kaum Muda Cocok Duduk di DPD RI

Salah satu kandidat muda yang akan bertarung berebut kursi DPD, yakni Arianto Burhan Makka, Wakil Ketua BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulsel.

loading...

Arianto selama ini juga banyak mengabdi kepada masyakarat di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Selain perannya.di HIPMI juga saat menduduki jabatan Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila.

Menurut Arief, salah satu peluang besar bagi kandidat muda, termasuk Arianto Burhan Makka, karena pertarungan di DPD  tidak terpetakan melalui daerah pemilihan, seperti pemilihan calon legislatif.

Kandidat akan berebut perolehan suara dari seluruh kabupaten/kota di Sulsel dengan jumlah wajib pilih yang besar. Dari sisi ini saja, kata dia, kandidat muda akan lebih cepat bergerak memanfaatkan jaringan yang ada.

"Selain memaksimalkan dukungan di daerah asal, kaum muda yang akan maju ini bisa saja memanfaatkan jaringan organisasi di daerah lain. Terlepas dari itu, kandidat muda memiliki nilai tawar lain sebagai salah satu kelebihan yakni kemampuan berinovasi. Selain itu pasti cekatan dan gesit untuk mendatangi konstituen mereka jika kelak duduk di DPD," jelasnya.
 

Loading...
Loading...