Kamis, 26 Juli 2018 17:41 WITA

Pernah Dipenjara, Berkas Dua Bacaleg Dikembalikan KPU Enrekang

Penulis: Suarto Syam
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pernah Dipenjara, Berkas Dua Bacaleg Dikembalikan KPU Enrekang

RAKYATKU.COM, ENREKANG - KPU Enrekang telah menyelesaikan penyortiran berkas-berkas para bakal calon legislatif (bacaleg) yang mendaftar. Hasilnya, ditemukan berkas dua orang yang tercatat pernah menjalani hukuman sebagai narapidana.

Meski enggan menyebut nama, Komisioner KPU Enrekang, Rahmawati Karim mengatakan berkas dua bacaleg tersebut kini telah dikembalikan ke partai pengusungnya. 

"Ada dua mantan napi yang daftar. Tapi kita kembalikan karena berkasnya belum lengkap," kata Rahma, sapaan akrabnya, Kamis (26/7/2018). 

Rahma menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU, bacaleg mantan napi selain kasus korupsi, narkoba, dan pelecehan bisa diakomodir asalkan melengkapi beberapa persyaratan seperti surat keterangan putusan pengadilan dan juga mengumumkan ke masyarakat melalui media cetak tentang kasus yang pernah dilakukan. 

Loading...

"Untuk syarat mengumumkan di media cetak ini, harus dilengkapi dengan bukti surat pernyataan dari redaksi. Berkas ini yang belum dimiliki dua bacaleg tersebut, makanya kita kembalikan," lanjut Rahma.

Untuk batas akhir perbaikan kelengkapan berkas, Rahma menyebut para bacaleg ini diberi tenggat waktu hingga tanggal 31 Juli. "Kalau tidak dilengkapi, kita nyatakan tidak memenuhi syarat," tutupnya.

Loading...
Loading...