Rabu, 25 Juli 2018 19:46 WITA

Nurdin Abdullah Kendalikan Lelang Jabatan di Pemprov Sulsel

Penulis: Azwar Basir
Editor: Mulyadi Abdillah
Nurdin Abdullah Kendalikan Lelang Jabatan di Pemprov Sulsel
Nurdin Abdullah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polemik lelang jabatan di Pemprov Sulsel akhirnya tuntas. Pengisian jabatan lowong itu akan dikendalikan calon gubernur Sulsel peraih suara terbanyak, Nurdin Abdullah.

Keputusan ini berdasarkan hasil konsultasi Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono dengan Nurdin Abdullah terkait dengan empat jabatan di Pemprov Sulsel yang kosong. 

Rencananya, Nurdin Abdullah yang berduet dengan Andi Sudirman Sulaiman akan dilantik pada 17 September 2018 nanti. 

"Kemungkinan besar, diserahkan kepada gubernur definitif saja untuk lelangnya, kecuali pengisian kekosongan yang sifatnya mendesak," ungkap Soni Sumarsono, Rabu (25/7/2018). 

Menurutnya, proses lelang jabatan diserahkan kepada Gubernur Sulsel definitif karena etika. Soni menganggap,  pejabat hasil lelang jabatan tersebut akan mendampingi Gubernur Sulsel selama lima tahun. 

Sumarsono mengaku, dirinya punya hak melakukan lelang jabatan. Akan tetapi, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini menghargai Nurdin Abdullah sebagai Gubernur Sulsel selanjutnya. 

Begitupun dengan urusan mutasi. Kecuali, kata dia, dirinya mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. "Ini dilakukan untuk menjaga agar pemerintahan tidak pincang dan bisa lancar," urai Sumarsono. 

Pengisian dan mutasi itu, sambungnya, untuk tataran pejabat eselon III maupun IV. Seperti untuk level pengetik, operator komputer, administrator, dan pelaksana.

"Beberapa saja yang kosong atau kurang efektif. Dan fungsional pelayanan setara eselon IV," tutupnya.