Senin, 23 Juli 2018 17:46 WITA

Bacaleg PPP Pernah Nyabu, Begini Sikap KPU Bulukumba

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Nur Hidayat Said
Bacaleg PPP Pernah Nyabu, Begini Sikap KPU Bulukumba

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - KPU Bulukumba membenarkan ada salah satu bakal calon anggota legislatif dari PPP, yang divonis sebagai pengguna narkoba.

Komisioner KPU Bulukumba, Syamsul, yang ditemui di Makassar, mengkaui hal tersebut. Bacaleg tersebut bernama Andi Muhctiar.

Menurut Syamsul, berdasarkan PKPU 20 Tahun 2018, dalam kasus ini ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi untuk dapat ditetapkan daftar caleg sementara.

"Kalau kasus Muchtiar, dia itu sudah melengkapi berkas surat keterangan dari pengadilan, surat keterangan dari kepala lapas bahwa telah menjalani kasus hukumnya," ujar Syamsul, di salah satu warkop di Jalan Yusuf Dg Ngawing, Makassar, Senin(23/7/2018).

"Yang belum dia lengkapi itu adalah lampiran pengumuman surat pernyataan telah menjalani kasus hukum tersebut secara jujur dan terbuka lewat media massa. Serta surat keterangan dari pemimpin redaksi tempat yang bersangkutan menyampaikan hal tersebut," imbuh Syamsul.

Makanya, ia menegaskan, Muchtiar tidak dicoret namanya dari daftar bacaleg yang telah diverifikasi. "Tapi kita kembalikan ke partai masing-masing, untuk dilengkapi berkasnya. Perbaikan itu juga tidak cuma ke satu partai, tapi ke semua partai, masih ada yang perlu dilengkapi," jelas Syamsul.

Dikatakan pula, untuk perbaikan berkas diberikan batas waktu hingga 31 Juli mendatang.