Senin, 23 Juli 2018 17:35 WITA

8 Calon Senator Setor Dokumen Perbaikan, KPU Sulsel: Kami Tunggu Sampai Besok

Editor: Nur Hidayat Said
8 Calon Senator Setor Dokumen Perbaikan, KPU Sulsel: Kami Tunggu Sampai Besok
Suasana penerimaan perbaikan dokumen para bakal calon anggota DPD RI di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin sore (23/7/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah menerima dokumen perbaikan dari 8 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel.

Jumlah tersebut tercatat sejak masa perbaikan dukungan dibuka pada 21 Juli lalu hingga Senin (23/7/2018) sore ini. Adapun masa perbaikan dukungan bakal calon senator DPD RI berakhir Selasa (24/7/2018) besok pukul 23.59 Wita.

"Sampai hari ketiga masa perbaikan ini, telah ada 8 orang bakal calon anggota DPD RI yang menyerahkan dokumen perbaikannya," kata Kepala Sub Bagian Hukum KPU Sulsel, Julita Rahayu, saat ditemui di Kantor KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin sore (23/7/2018).

Kedelapan bakal calon anggota DPD RI yang telah menyetor perbaikan dokumen tersebut masing-masing Moh Roem Muin, Tamsil Linrung, Asmar, Mappaujung, Ajiep Padindang, AM Iqbal Parewangi, Lily Amelia Salurapa, serta Yunus Razak.

Dengan demikian, tercatat 12 bakal calon senator DPD RI lagi yang ditunggu KPU Sulsel untuk melakukan perbaikan administrasi.

"Kan total 24 bakal calon, tiga orang (Sindawa Tarrang, Amil Sadik, dan Saiful Saleh) sudah dinyatakan memenuhi syarat. Satu orang (Rudi Hartono) mengundurkan diri. Jadi, total 20 orang yang harus perbaikan, ini sudah ada 8 orang yang telah menyetor perbaikannya. Jadi, kita tunggu 12 bakal calon lagi," rinci Ayu, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sulsel, Fatmawati Rahim mengungkapkan bahwa berkas para bakal calon anggota DPD RI yang masih bermasalah tersebut secara umum hanya berkutat pada persoalan legalisir berkas saja. 

"Masalah legalisir. Semua yang bermasalah kita kasih catatan dan keterangan. Intinya, kita kasih waktu perbaikan syarat dukungan dan syarat calon mulai tanggal 21-24 Juli mendatang," tutur eks komisioner Bawaslu Sulsel tersebut belum lama ini.

Sekadar diketahui, KPU baru akan menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD RI pada tanggal 31 Agustus-3 September mendatang. Sementara itu, penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD RI dijadwalkan pada tanggal 20-23 September.