Senin, 23 Juli 2018 15:56 WITA

Komisi B DPRD Sulsel Tolak Gedung CCC Dikelola Pihak Ketiga

Penulis: Fathul Khair
Editor: Mulyadi Abdillah
Komisi B DPRD Sulsel Tolak Gedung CCC Dikelola Pihak Ketiga
Rapat kerja Komisi B DPRD Sulsel bersama Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Senin (23/7/2018).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Komisi B DPRD Sulsel mengingatkan pemerintah provinsi tentang tujuan awal didirikannya Gedung Celebes Convention Centre (CCC) Makassar, di Jalan Metro Tanjung Bunga. Yakni untuk pengembangan dan pembinaan UKM.

Hal ini ditegaskan anggota Komisi B, terkait adanya kabar pengelolaan CCC akan diserahkan ke pihak ketiga. Dengan tujuan, untuk mendapat tambahan pendapatan daerah.

"Ada desas-desus, katanya Pemprov Sulsel mau menyerahkan sepenuhnya ke pihak ketiga terkait pengelolaannya," kata Sekretaris Komisi B DPRD Sulsel, Selle KS Dalle usai rapat kerja bersama Dinas Koperasi dan UMKM, Senin (23/7/2018).

"Pada pertemuan sebelumnya, orang yang mewakili pemprov, pernah menyampaikan di rapat kerja, bahwa memang ada permintaan pengelola (hotel) Rindra. Yakni pengelolaan ballroom, parkir, dan fasilitas lain," tambah Selle.

Lalu diceritakan Selle, bahkan keputusan itu sudah ditembuskan ke Kementerian Koperasi dan Keuangan.

"Nah kita di DPRD secara kelembagaan, khususnya di komisi B mengingatkan kepada siapa saja, bahwa CCC peruntukan utamanya yakni penguatan dan pengembangan UMKM dan koperasi. Tidak boleh tujuan utama diabaikan, lalu kemudian dijadikan sebagai sumber PAD baru," tegasnya.

Sehingga Selle berharap, desas-desus itu tidak benar. Komisi B DPRD Sulsel ditegaskan Selle, tidak setuju dengan hal itu.

"Dan perlu kita ingatkan, bahwa sudah menjadi temuan LHP BPK itu. Ada potensi kerugian di sana," ujar politisi Demokrat ini.

Pihaknya berharap, mudah-mudahan pengambil keputusan terkait rencana gedung CCC dikelola pihak ketiga, tidak serta merta melihat ada sumber PAD baru atas kebijakan itu. Dan menutup mata soal fungsi utama didirikannya gedung CCC.

"Sehingga ke depan kita berharap, dinas koperasi termasuk UPTD pengelola CCC itu dikuatkan," pungkas Selle.