Senin, 23 Juli 2018 10:32 WITA

Pasca Deklarasi #2019GantiPresiden Disesaki Massa di Medan, Hasil Polling Ini Bikin Kaget

Editor: Abu Asyraf
Pasca Deklarasi #2019GantiPresiden Disesaki Massa di Medan, Hasil Polling Ini Bikin Kaget
Peserta deklarasi #2019GantiPresiden di Medan, Minggu (22/7/2018).

RAKYATKU.COM - Deklarasi #2019GantiPresiden di Medan disesaki simpatisan di depan Masjid Raya Kota Medan, Minggu (22/7/2018). Acara yang dihadiri artis Neno Warisman tersebut berlangsung aman dan tertib.

Aksi ini sempat dikhawatirkan polisi karena bersamaan dengan aksi #2019TetapJokowi di tempat yang sama. Para pendukung Jokowi yang menggelar aksi di depan Taman Sri Deli, samping Masjid Raya, memilih menggelar zikir bersama. Alhasil, kedua aksi ini sukses dan berjalan aman.

"Tuntun kami kepada hidayahmu. Angkatlah kembali bapak kami Joko Widodo menjadi presiden selanjutnya tanpa kesulitan. Kami juga meminta, bapak kami Joko Widodo mengangkat derajat kami. Menjadi presiden kembali," kata ulama yang membaca doa di lokasi itu.

Sementara di kubu ganti presiden, selain Neno Warisman, sejumlah tokoh yang hadir antara lain anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Raden Mohammad Syafii, anggota DPRD Kota Medan Fraksi Gerindra, Ihwan Ritonga, dan sejumlah tokoh ormas Islam. Hadir pula Sang Alang, pencipta lagu #2019GantiPresiden.

Hampir bersamaan dengan kedua kelompok tersebut, seorang warganet Umar Hasibuan membuat polling di Twitter. Dia menguji dukungan warganet terhadap dua aksi yang dilakukan bersamaan di tempat yang berdekatan tersebut.

Pertanyaannya, "Anda bagian dari mana?" Ada dua pilihan yang diberikan, yakni ganti presiden dan tetap Jokowi. Hasilnya, cukup mengejutkan. Dari 10.779 yang sudah berpartisipasi, 84 persen memilih "ganti presiden". Hanya 16 persen yang memilih "tetap Jokowi".