Minggu, 22 Juli 2018 13:55 WITA

Bikin Geleng-Geleng Kepala, Ini Mobil yang Diminta Kalapas Sukamiskin kepada Suami Inneke

Editor: Abu Asyraf
Bikin Geleng-Geleng Kepala, Ini Mobil yang Diminta Kalapas Sukamiskin kepada Suami Inneke
Ini jenis mobil yang diminta Kalapas Sukamiskin Bandung.

RAKYATKU.COM - Kasus dugaan suap yang melibatkan Kepala Lapas Sukamiskin Bandung cukup mengagetkan. KPK mengungkap bahwa transaksi dilakukan secara terang-terangan, tidak menggunakan sandi sebagai beberapa kasus sebelumnya.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, permintaan mobil, uang, dan sejenisnya di Lapas Sukamiskin diduga dilakukan secara gamblang. Permintaan mobil, misalnya, disebutkan merek, warna, dan bahkan dealernya.

"KPK menemukan bukti-bukti, permintaan tersebut dilakukan baik langsung atau tidak langsung bahkan tidak lagi menggunalan sandi atau kode-kode terselubung. Sangat terang," ujar Febri, Minggu (22/7/2018).

Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husein, kata Febri, terang-terangan meminta mobil jenis Triton Athlete warna putih. Tidak hanya itu, Wahid menawarkan agar mobil itu dibeli di dealer yang sudah dia kenal. 

"Namun karena mobil jenis dan warna tersebut tidak ada, akhirnya diganti dengan Triton warna hitam yang kemudian diantar dalam keadaan baru tanpa plat nomor ke rumah WH," urai Febri. 

Bikin Geleng-Geleng Kepala, Ini Mobil yang Diminta Kalapas Sukamiskin kepada Suami Inneke

Harga mobil Mistsubishi Triton Exceed saat ini sekitar Rp399 juta. Sementara Mitsubishi Triton Athlete berkisar antara Rp436 juta hingga Rp450 juta.

Kasus ini terungkap dari operasi tangkap tangan KPK. Kalapas Sukamiskin Wahid Husen ditangkap bersama lima orang lainnya, termasuk artis Inneke Koesherawati. Namun, hanya empat yang ditetapkan sebagai tersangka.

Selain Kalapas Sukamiskin; ada tiga orang yang juga ditetapkan sebagai tersangka yakni suami artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah; staf Wahid Husen, Hendry Saputra; dan narapidana kasus pidana umum/tahanan pendamping Andi Rahmat.

KPK menyita barang bukti berupa uang tunia Rp279.920.000 dan USD 1.410. Ada juga dua unit mobil Wahid yang diamankan KPK karena diduga terkait suap, yaitu Mistubishi Triton Exceed berwarna hitam dan Mitsubishi Pajero Sport Dakkar berwarna hitam.