Sabtu, 21 Juli 2018 12:16 WITA

Kepala Lapas yang Dihuni Setya Novanto dan Para Mantan Kepala Daerah Ditangkap KPK

Editor: Abu Asyraf
Kepala Lapas yang Dihuni Setya Novanto dan Para Mantan Kepala Daerah Ditangkap KPK
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif

RAKYATKU.COM - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan enam orang di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Termasuk Kepala Lapas Wahid Husen, Jumat tengah malam (20/7/2018).

KPK mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain uang tunai rupiah dan valas yang sedang dihitung, serta kendaraan.

"Kami lakukan pengecekan informasi dari masyarakat. Setelah kami kroscek dan ada bukti awal, maka sekitar 6 orang diamankan, termasuk pimpinan Lapas dan pihak swasta," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif, Sabtu (21/7/2018).

Laode M Syarif menjelaskan, keenam orang tersebut sudah dibawa ke kantor KPK untuk menjalani pemeriksaan. KPK memiliki waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut.

Dalam OTT tersebut, KPK menyegel sel Fuad Amin dan sejumlah lemari dokumen. Sel tahanan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan juga disegel.

Lapas Sukamiskin dihuni sejumlah mantan pejabat negara dan mantan kepala daerah. Pada Mei 2018 lalu, mantan Ketua DPR RI Setya Novanto menjadi penghuni baru Lapas Sukamiskin. Ada pula mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Di jajaran mantan kepala daerah ada nama Fuad Amin Imron, mantan ketua DPRD Bangkalan dan mantan bupati Bangkalan. Mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin juga masih menjadi warga binaan di sana.

Mantan kepala daerah lainnya, yakni Dada Rosada (eks wali kota Bandung), Itoch Tochija (eks wali kota Cimahi), Rahmat Yasin eks bupati Bogor), Ade Swara (eks bupati Karawang), dan Ojang Sohandi (eks bupati Subang).