Sabtu, 21 Juli 2018 06:00 WITA

Fosil Spesies Baru Dinosaurus Berlapis Baja Ditemukan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Fosil Spesies Baru Dinosaurus Berlapis Baja Ditemukan

RAKYATKU.COM - Fosil spesies baru dinosaurus lapis baja telah ditemukan di Utah, mengubah cara para ilmuwan percaya bahwa hewan berevolusi.

Butuh waktu hampir empat tahun untuk mempersiapkan dan menganalisis kerangka dinosaurus berukuran sedang, yang panjangnya 13-16 kaki (4-5m) dan sekitar 42 inci (1,5m) di pinggul, dan salah satu yang paling lengkap yang pernah ditemukan di sini. wilayah AS, dikutip dari Sky News, Jumat (20/7/2018).

Dinosaurus lapis baja, atau ankylosauridae, ada secara eksklusif di belahan bumi utara sebelum mereka punah 66 juta tahun yang lalu.

Fosil telah ditemukan di Amerika Utara, Asia Timur dan Eropa, dan ketiga wilayah itu memiliki berbagai bentuk baju besi untuk membedakannya.

Tetapi spesies baru, Akainacephalus johnsoni, melanggar peraturan untuk ankylosaurids Amerika Utara.

Alih-alih baju besi halus yang halus pada tengkorak yang ditunjukkan pada fosil Amerika Utara lainnya, spesies baru ini telah menunjukkan tulang yang menonjol di punggung sampai ke moncongnya - mirip dengan fosil ankilosaurid Asia.

Dr Randall Irmis, salah satu penulis penelitian, mengatakan: "Sebuah hipotesis yang masuk akal adalah bahwa ankylosaurids dari Utah terkait dengan yang ditemukan di tempat lain di Amerika Utara bagian barat, jadi kami benar-benar terkejut ketika mengetahui bahwa Akainacephalus sangat terkait erat dengan spesies dari Asia."

"Itu selalu menarik untuk menamai takson fosil baru, tetapi sama menariknya jika takson itu juga memberikan wawasan tambahan ke dalam gambaran yang lebih besar dari kehidupannya, seperti pola makan atau aspek perilakunya, dan lingkungan tempat tinggalnya," kata penulis utama Jelle Wiersma.

Nama spesies 'diberikan untuk menghormati Randy Johnson, seorang relawan museum yang berdedikasi yang menghabiskan ratusan jam mempersiapkan tengkorak fosil dengan memisahkannya dari batuan dan puing-puing sekitarnya.

Dia mengatakan itu adalah "sekali dalam kehormatan seumur hidup" untuk memiliki dinosaurus bernama setelah dia.

"Saya seorang ahli kimia pensiunan, tetapi saya selalu tertarik pada sebagian besar disiplin ilmu," kata Johnson.

"Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan memiliki kesempatan untuk benar-benar bekerja pada fosil yang dapat menjadi penting bagi paleontolog.

"Sekarang saya menjadi sukarelawan museum, saya mendapat kesempatan untuk mengerjakan berbagai macam fosil dan berkonsultasi dengan paleontolog top - ini seperti karir kedua impian."

Ankylosaurids adalah keluarga herbivora berkaki empat dengan klub ekor yang kuat dan plating berlapis baja yang menutupi tubuh mereka.

Spesies ini diyakini berasal di Asia hingga 125 juta tahun yang lalu, tetapi tidak muncul dalam catatan fosil Amerika Utara hingga 77 juta tahun yang lalu.

Spesies ini diumumkan dalam jurnal ilmiah PeerJ dan diresmikan di pameran di Museum Sejarah Alam Utah di Salt Lake City.