Jumat, 20 Juli 2018 18:01 WITA

Pileg 2019

Partai Berkarya Jadi Penonton di Wajo, Luwu Utara dan Selayar

Penulis: Fathul Khair
Editor: Mulyadi Abdillah
Partai Berkarya Jadi Penonton di Wajo, Luwu Utara dan Selayar
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Partai Berkarya harus menjadi penonton di tiga kabupaten Provinsi Sulsel pada Pileg 2019 mendatang. Ketiga daerah itu, yakni Kabupaten Wajo, Luwu Utara (Lutra), dan Selayar.

"Partai berkarya kosong bacalegnya ada di Kabupaten Wajo dan Lutra," kata Sekretaris Bappilu Partai Berkarya Sulsel, M Ayusar Dg Siping kepada Rakyatku.com, Jumat (20/7/2018).

Ketua Partai Berkarya di Lutra, kata dia, mundur sehingga ditunjuk Plt. Akan tetapi, Plt ketua yang ditunjuk tidak melakukan tugas partai hingga batas waktu pengajuan bacaleg di KPU setempat.

"Kalau di Wajo, kita kurang komunikasi di sana. (Bacaleg) ada, bahkan kader kita di Makassar kita kirim ke sana untuk caleg. Tapi tidak ada komunikasi di sana. Sehingga akan kita evaluasi," ujarnya.

Dijelaskan Ayusar, di Kabupaten Selayar, Partai Berkarya sebenarnya sudah punya komposisi Bacaleg yang sudah diajukan ke KPU. Namun KPU menolak pengajuan bacaleg Partai Berkarya itu.

"Bacaleg kita di Selayar ditolak KPU, karena persoalan SK ketua kita di sana. Karena ketua Berkarya Selayar mundur, kita buatkan SK Plt. Tapi itu ditolak KPU," tambahnya.

Padahal kata dia, kasus serupa dialami Partai Berkarya di Kabupaten Takalar dan Jeneponto. Namun, KPU setempat tetap menerima pengajuan bacaleg Berkarya itu.

"Sehingga kami sudah melakukan komunikasi denga KPU Sulsel. Kenapa di Selayar ditolak, padahal di Jeneponto dan Takalar diterima. Kondisinya sama, kita memang cuma punya Plt ketua. Tapi masih kita komunikasi dengan KPU Selayar," pungkas Ayusar.