Jumat, 20 Juli 2018 12:02 WITA

Lelang Jabatan Pemprov Sulsel, Soni Tunggu Persetujuan Nurdin Abdullah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Lelang Jabatan Pemprov Sulsel, Soni Tunggu Persetujuan Nurdin Abdullah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) telah mempersiapkan untuk membuka lelang jabatan bagi jabatan eselon II yang di tinggal pensiun oleh pejabatnya. 

Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono mengatakan, jabatan tingkat eselon II tidak boleh terlalu lama mengalami kekosongan, sebab pemerintahan harus terus berlanjut. 

Namun, sebelum membuka seleksi terbuka tersebut, Soni Sumarsono mengaku terlebih dulu melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulsel terpilih, Nurdin Abdullah (NA). Hal ini dilakukan Sonu, karena menurutnya Nurdin Abdullah merupakan Gubernur Sulsel terpilih dan harus mengetahui pejabatnya yang akan mendampinginya. 

"Saya kira sopan santunnya saya harus konsultasikan dengan pak NA dulu. Saya akan sampaikan bahwa akan Ini akan ada lelang, kalau beliau setuju kita jalan. Kalau tidak, ya tidak dijalankan," jelas Soni.

Diketahui saat ini Nurdin Abdullah sedang berada di luar negeri. Namun begitu, Soni mengaku akan menunggu kepulangan Bupati Bantaeng tersebut untuk membicarakan lelang jabatan di lingkup Pemprov Sulsel ini. 

Soni Sumarsono memiliki hak untuk membuka lelang jabatan tanpa melakukan konsultasi dengan Nurdin Abdullah. Namun, menurutnya, sebagai sikap yang saling menghargai maka dirinya harus memberitahukan kepada Nurdin Abdullah terlebih dulu. 

"Ini soal sopan santun saja. Etika. Walaupun kewenangan saya sebagai (penjabat) gubernur, tapi saya tetap menghormati beliau sebagai gubernur terpilih untuk konsuktasi saja. Kalau beliau menyatakan, 'silakan pak gubernur lakukan yang terbaik', ya saya lakukan," jelasnya. 

Adapun jabatan yang lowong di lingkup Pemprov Sulsel saat ini antara lain, Sekretaris Dewan DPRD Sulsel, Kepala Biro Pembangunan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), dan Kepala Dinas Kesehatan. 
Saat ini jabatan lowong tersebut dijalankan oleh pelaksana tugas, yang telah ditunjuk oleh Soni. 

Selain itu, jabatan lowong akan bertambah di bulan Agustus mendatang, karena pejabatnya yang memasuki masa purnabakti. Diantaranya, pada 1 Agustus mendatang Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD), selanjutnya 1 September pejabat Asisten I Pemprov Sulsel juga memasuki masa pensiun.