Selasa, 28 Juni 2016 18:35 WITA

Inspeksi Pasar, Deng Ical Sebut Harga Sembako Semakin Menurun

Penulis: Andi Dahrul Mahfud Muchtar
Editor: Almaliki
Inspeksi Pasar, Deng Ical Sebut Harga Sembako Semakin Menurun

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal memantau langsung aktivitas Pasar Pa'baeng-baeng di Jl Sultan Alauddin Makassar sekaligus mengecek harga sembako yang ada menjelang hari raya Idul Fitri pada Selasa (28/6/2016). 

Darinya, ia menemukan tidak ada masalah mengenai harga yang ada saat ini, bahkan Ia memastikan bahwa harga yang ada di Pasar Pa'baeng-baeng relatif normal dan cenderung menurun.

"Harga beberapa kebutuhan pokok cenderung turun, bisa kita lihat pada bawang merah, yang tadinya harga 40 ribu, sekarag turun menjadi 30 ribu per kilonya. Samaji dengan bawang putih juga, semakin menurun," ujar Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal. 

Selain itu, harga cabai juga mengalami penurunan yang sangat drastis sampai 50 persen, dikarenakan kurangnya permintaan dari luar sehingga persediaan bahan pokok semakin berlimpah. 

"Harga cabai yang turun hancur dari harga Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp10 ribu per kilogram. Jadi menurut saya harga kebutuhan ini turun karena tidak ada pesanan dari pengapalan luar. Jadi produksi di sini, dijual di sini. Yang bikin naik itukan karena produksi di sini tiba-tiba daerah lain meminta," katanya. 

loading...

Namun ia mengatakan, melonjaknya harga sehari sebelum lebaran juga tidak bisa dimungkiri oleh Pemerintah Kota Makassar. Namun terkait stok barang, Pemkot Makassar menjamin akan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat hingga Idul Fitri dengan menggandeng Dishub Provinsi, Pengusaha Pedagang Indonesia (PPI) regional Makassar dan Sulsel yang siap membantu. 

"Terkadang ada barang, tapi tidak sampai di pasar. Itu yang menjadi fenomena kenapa harga jadi semakin naik. Secara psikologis memengaruhi yang lain juga, dan naiknya ramai-ramai. Jadi dalam hal ini kita yakinkan semua kalau tidak ada barang naik. Telpon saja distributornya, bisa juga tanya Pak Lurah, dan PD pasarnya untuk dibantu dalam hal ini," katanya. 

Selain itu Deng Ical menambahkan Bulog juga siap membantu jika Kota Makassar mengalami kekurangan stock 9 bahan pokok, yang bisa meningkatkan inflasi menjelang lebaran.

Loading...
Loading...