Selasa, 17 Juli 2018 16:39 WITA

Wali Kota Makassar dan Danlantamal VI Komitmen Jaga Laut dari Sampah

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Wali Kota Makassar dan Danlantamal VI Komitmen Jaga Laut dari Sampah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI, Dwi Sulaksono, terlihat duduk satu meja dalam acara seminar kemaritiman yang digelar di Gedung Sultan Hasanuddin, Lantamal VI, Selasa (17/7/2018).

Pada seminar yang merupakan rangkaian HUT Lantamal VI ke-68 tahun, bertajuk ‘Membangun Budaya Maritim Melalui Peningkatan Kesadaran akan Pemanfaatan dan Penggunaan Laut’ itu, kedua pemimpin tersebut saling mengungkapkan komitmen dalam menjaga kebersihan laut.

“Saya kira ini menarik. Karena sebelum menggelar seminar, terlebih dahulu Lantamal sudah memberikan contoh tindakan nyata di lapangan, dengan membersihkan kanal. Itu tidak gampang," kata Danny dalam sambutannya.

Menurut Danny, apa teori dan praktek yang dilakukan pihak Lantamal VI berjalan seimbang. Kepedulian Lantamal VI diharapkan bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan, utamanya mencakup kebersihan kanal dan laut.

“Pemerintah kota memang sedikit konsen untuk persoalan ini, khususnya menyangkut kanal. Sejauh ini kita sudah berusaha, meski dalam pelaksanaannya kita juga cukup hati-hati. Karena secara otorisasi, itu bukan wewenang kita. Kita tidak bisa mengeluarkan uang di situ, bisa jadi temuan nanti,” terangnya.

Tapi karena ada Lantamal IV, lanjutnya, maka Pemerintah Kota Makassar confident memberikan bantuan penuh. Terutama dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak buang sampah di kanal.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono mengatakan bahwa kegiatan ini memang salah satu konsen Lantamal VI dengan perkembangan Kota Makassar yang begitu massif.

“Tentunya dampak dari sampah ini perlu kita perhatikan lebih dalam lagi. Sehingga sampah-sampah dari limbah masyarakat yang terbuang ke laut dapat kita minimalisir,” ungkap Sulaksono.

Sulaksono mengaku tidak ingin jika beberapa waktu yang akan datang, jumlah sampah di laut lebih banyak dibandingkan ikan akibat pencemaran lingkungan.

“Terima kasih kepada Pak Wali Kota yang telah begitu banyak menghadirkan program pengendalian sampah. Cukup baik, sangat edukatif, sehingga kami selaku pengguna laut atau pun penjaga laut cukup bangga dengan pencapaian pemerintah hingga saat ini," pungkasnya.