Senin, 16 Juli 2018 23:18 WITA

Tautoto: PKS APIP-APH Langkah Pertama Cegah Korupsi

Editor: Adil Patawai Anar
Tautoto: PKS APIP-APH Langkah Pertama Cegah Korupsi
Penjabat Sekprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Penjabat Sekprov Sulsel, Tautoto Tanaranggina mengatakan, penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS), Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) dapat menjadi langkah pertama mengatasi korupsi di pemerintahan. 

Katanya, dengan kerja sama APIP dan APH antara Pemda dan penegak hukum diharapkan memaksimalkan peran pencegahan tindak korupsi di lingkungan pemerintahan. Ini penting dilakukan untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemda yang strategis.

"Dengan adanya penandatanganan PKS ini, APIP harus semakin lebih maksimal dalam pencegahan tindak pidana korupsi oleh para ASN di daerah," ujar Tautoto Tanaranggina. 

Selain itu, APIP  harus  lebih meningkatkan sinergitas dengan aparat penegak hukum. Terutama dalam penanganan aduan masyarakat soal indikasi Tipikor pada penyelenggaraan Pemda. 

"Ini untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemda yang efektif, efisien dan akuntabel dalam rangka mewujudkan tujuan otonomi daerah," ujar Tautoto. 

Koordinasi yang intensif diyakini Tautoto dapat mencegah persepsi masyarakat soal dominasi APIP dalam penanganan kasus dugaan korupsi di lingkup Pemda. 

"Saya berharap Kepada Para Bupati/Walikota untuk memberdayakan dan meningkatkan kapabilitas APIP," tutupnya.