Senin, 16 Juli 2018 22:38 WITA

Ketua DPRD Pangkep: Ada 4 Legislator Berpindah Partai

Editor: Adil Patawai Anar
Ketua DPRD Pangkep: Ada 4 Legislator Berpindah Partai
Andi Ilham Zaenuddin.

RAKYATKU.COM - Ketua DPRD Pangkep, yang juga Ketua harian DPD II Partai Golkar Pangkep, Andi Ilham Zaenuddin mengakui, ada  empat orang anggota DPRD Kabupaten Pangkep yang pindah partai jelang Pileg 2019.

Namun, dari keempatnya baru satu orang yang "gentel", dan telah memasukkan surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Pangkep, yaitu Umar Sahabu, yang merupakan caleg dari PKB yang pindah ke Partai Nasdem, Pangkep.

"Idealnya berhenti dulu, namun sampai hari ini, dari empat orang, baru satu yang "gentel" dan memasukkan surat pengunduran dirinya," ujar Ilham usai memimpin paripurna di gedung DPRD Pangkep, Senin (16/7/2018).

Dikatakan Ilham, idealnya dan secara etika seorang anggota dewan yang pindah partai harus terlebih dahulu mengundurkan diri sebagai anggota DPRD. Namun Ia mengakui, bahwa SK pengangkatan dan pemberhentian merupakan kewenangan gubernur.

Lanjut Ilham, surat keterangan dari pengadilan sebagai persyaratan caleg harusnya dilampirkan surat pengunduran diri dari partai yang sebelumnya dikendarai pihak yang sedang mengurus suket tersebut. 

"Saya cuma tidak mau terlalu jauh, mestinya surat dari pengadilan, pengadilan meminta mana surat pengundurannya dari partai sebelumnya. Kalau misalnya hari ini dia kasih keluar keterangan caleg partai ini, baru masih terdaftar sebagai legislatif dari partai saya, ya jangan dikasih, kan logikanya seperti itu," ungkap Ilham.

Berita Terkait