Senin, 16 Juli 2018 18:22 WITA

Ini Poin Penting Kajian Kerja Sama Antar Luar Negeri dan Lembaga Donor Internasional

Editor: Nur Hidayat Said
Ini Poin Penting Kajian Kerja Sama Antar Luar Negeri dan Lembaga Donor Internasional

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Bagian Perekonomian dan Kerja Sama Sekretariat Pemerintah Kota Makassar, menggelar kajian kerja sama antar luar negeri dan lembaga donor internasional, di Hotel Melia, Jalan Andi Mappanyukki, Senin (16/7/2018).

Kasubag Kerja Sama Antardaerah/Lembaga Kota Makassar, Najiran Syamsudin, menuturkan, kegiatan ini bertujuan agar dalam pembuatan kerja sama pemerintah, dapat dilaksanakan sesuai dengan bentuk perjanjian di lingkup kewenangan masing-masing.

"Dengan demikian, lembaga lain tidak bisa melakukan perjanjian internasional secara langsung dan harus melalui pemerintah sebagai lembaga eksekutif yang mewakili negara sebagai subjek hukum internasional," kata Najiran. 

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Naisyah T Asikin, mengatakan melalui kajian ini, pemerintah diharapkan mampu mengindentifikasi isu-isu strategis dan  menelaah bentuk atau model kerja sama yang tepat dengan pihak luar negeri.

Sehingga dalam melakukan perjanjian, lanjutnya, pemerintah bisa lebih memperhatikan prinsip-prinsip dari segi politis, keamanan, dan yuridis.

"Kemampuan mengidentifikasi model kerja sama yang tepat berdasarkan perundang-undangan yang berlaku sangat diperlukan. Sehingga kerja sama dan perjanjian dengan pihak luar negeri mampu memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ungkap Naisyah.

Sebagai narasumber, yaitu Direktur Kerja sama Luar Negeri Universitas Hasanuddin Muhammad Iqbal Djawad dan Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI Nelson Simanjuntak.