Senin, 16 Juli 2018 17:39 WITA

Pemkot Makassar-KIAT Bahas Peluang Kerjasama Bidang Sanitasi

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Pemkot Makassar-KIAT Bahas Peluang Kerjasama Bidang Sanitasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto menerima kunjungan Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT) di ruang kerjanya, Balaikota Makassar, Senin (16/7/2018).

Kunjungan tersebut untuk membicarakan masalah sanitasi, peluang kerjasama, serta penyampaian informasi terkait aspek Gender Equality-Social Institution (GESI), dalam program The Australian Indonesia Infrastructure Giant for Sanitation.

Dalam pertemuan itu, KIAT menyatakan dukungan terhadap Indonesia khususnya Pemerintah Kota Makassar, dalam mempercepat investasi publik utamanya menyangkut pembangunan infrastruktur.

Dukungan KIAT berupa penyediaan tenaga ahli khusus perencanaan, desain, pemeliharaan, dan penilaian dampak lingkungan, untuk mempermudah pelaksanaan proyek infrastruktur Kota Makassar, terutama mencakup air bersih dan sanitasi.

Dalam pertemuan itu, Danny Pomanto menyampaikan bahwa program sanitasi dan air bersih di Kota Makassar sudah lama berjalan, melalui penetapan pola hidup sehat dan pembenahan lorong.

Kendati sudah cukup maju, namun Pemerintah Kota Makassar masih harus terus melakukan berbagai langkah konkrit berkaitan dengan sanitasi. Pasalnya perbaikan sanitasi di Kota Makassar, saat ini belum mencapai 100 persen.

"Salah satu upaya pemerintah mendorong pencapaian sanitasi yang baik yaitu melalui berbagai pendekatan seperti penyediaan infrastruktur utama. Peningkatan pelayanan infrastruktur berbasis masyarakat, serta pengaturan dan pembinaan. Seperti contohnya program lorongta’," kata dia.

Harapannya, lanjut Danny, tidak hanya sekedar pembangunan sarana dan prasarana saja, tapi juga menyangkut tentang perubahan perilaku hidup masyarakat. 

"Karena untuk bisa bersanitasi yang baik, diperlukan perilaku hidup bersih dan sehat. Ini yang terus kita upayakan dengan berbagai cara," pungkasnya.