Senin, 16 Juli 2018 05:30 WITA

Bagian Tubuh Ini Ternyata yang Bertugas Mengatur Suhu Tubuh Kita

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bagian Tubuh Ini Ternyata yang Bertugas Mengatur Suhu Tubuh Kita

RAKYATKU.COM - Anda pasti pernah merasakan demam. Saat demam, Anda pasti akan langsung berpikir kalau tubuh sedang tidak baik. Hal itu memang tidak salah, namun tahukah Anda kalau suhu tubuh kita diatur oleh anggota tubuh ini.

Hipotalamus

Hipotalamus berada di pusat otak, ia bertugas mengatur suhu tubuh kita. Jika suhu tubuh kita naik, artinya hipotalamus sedang melakukan sesuatu.

Apa yang Dilakukan Hipotalamus?

Bakteri dan virus bisa masuk ke tubuh kita melalui mulut. Setelah itu, mereka akan masuk ke dalam darah dan mengeluarkan cairan yang membuat kita sakit.

Saat cairan itu menyebar di dalam darah, hipotalamus akan mendapatkan sinyal khusus. Saat mendapat sinyal, hipotalamus akan langsung menaikkan suhu tubuh kita.

Yap, hipotalamus menaikkan suhu tubuh kita untuk membuat bakteri dan virus tidak nyaman dan akhirnya keluar dari tubuh. Setelah bakteri dan virus keluar dari tubuh kita, hipotalamus akan mengembalikan suhu tubuh kita ke suhu normal.

Berapa Banyak Suhu yang Dinaikkan?

Setiap orang punya suhu tubuh yang berbeda-beda. Jadi, Anda jangan heran kalau suhu tubuhmu lebih tinggi atau lebih rendah daripada temanmu.

Dilansir laman Bobo, sebagian orang di dunia punya suhu tubuh sekitar 37 derajat Celcius. Saat ada bakteri dan virus, hipotalamus akan menaikannya menjadi 38 – 39 derajat Celcius.

Namun, pada beberapa orang, hipotalamus menaikkan suhu tubuh hingga 40 derajat Celcius. Suhu ini bisa membuat kita pingsan

Gejala demam biasanya diawali dengan sakit tenggorokan atau napas yang tidak enak. Kalau Anda mengalami dua hal itu, hati hati, bisa jadi Anda akan demam.
 

Tags