Sabtu, 14 Juli 2018 09:07 WITA

Ini Terduga Pengedit "TGB Ipar Luhut" di Wikipedia Versi PPP dan Nasdem

Editor: Aswad Syam
Ini Terduga Pengedit
Info hoaks seputar hubungan keluarga TGB dan Luhut Binsar Panjaitan

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Seseorang mengedit laman Wikipedia, hingga sempat menampilkan informasi kalau TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) memiliki hubungan ipar dengan Luhut Binsar Pandjaitan. Ini terduga pengeditnya versi PPP.

"Jadi dengan positioning yang terbuka dan bebas untuk semua orang yang mengakses, maka dugaan ataupun kecurigaan itu bisa ke siapa saja," ujar Wasekjen PPP Achmad Baidowi sebagaimana dilansir detik, Sabtu (14/7/2018).

Menurut Baidowi yang akrab disapa Awiek ini, pelaku itu memanfaatkan kelonggaran Wikipedia yang mempersilakan siapapun mengakses. Lalu, siapa menurut Awiek yang mengedit laman itu?

"Ini bisa saja dari imbas kelonggaran Wikipedia sendiri, yang sistem administrasinya atau sistem pengendalian informasinya itu bebas. Itu dimanfaatkan orang-orang iseng sebenarnya yang mencoba memberi informasi sesat, padahal itu tidak benar," ucap Awiek. 

"Orang-orang yang memiliki niat sesat, mengaburkan informasi, menyebarkan hoaks kan memang dari awal orang-orang itu tak jauh dari yang punya niatan itu," imbuh dia.

Hal senada diungkap Partai Nasional Demokrat (NasDem). Bahkan partai besutan Surya Paloh ini, terang-terangan menyebut nama partai yang sering mencari-cari kesalahan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), lewat isu hubungan saudara ipar dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. 

Isu TGB dan Luhut bersaudara ipar itu diangkat anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade, dengan men-screenshot laman Wikipedia.

"Kalau seseorang bersama mereka kemudian dielu-elukan, ketika tiba-tiba menyeberang ke tempat lain langsung kemudian dijelek-jelekkan. Dicari kesalahannya, bahkan yang tidak ada ditambah-tambah seperti TGB dengan LBP," kata Anggota Dewan Pakar Partai NasDem, Taufiqulhadi, kepada detikcom, Sabtu (14/7/2018).

Taufiqulhadi menyebut, Gerindra tak berbesar hati dalam berpolitik. Saat TGB berseberangan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), TGB dielukan. Namun ketika mendukung Jokowi, TGB dinistakan.

"Kalau menurut saya, itulah sikap tidak berbesar hati di dalam politik. Kalau ketika bersama dipuja-puja, berseberangan kemudian langsung jelek, dijelek-jelekkan, dinistakan," ujar Taufiqulhadi.

Taufiqulhadi menyerukan agar semua pihak berpolitik dengan sehat. Dia mengimbau semua pihak menghindari sikap politik yang menyerang pribadi seseorang. "Marilah kita berpolitik secara baik, berpolitiklah secara santun, beretika. jangan menyerang personal, mencari kesalahan orang kemudian menyerang habis-habisan padahal belum tentu benar," lanjut dia.

Taufiqulhadi kemudian menduga pihak yang mengedit profil TGB di Wikipedia adalah yang tak suka dengan keputusan TGB mendukung Pemerintah. "(Pelaku) yang jelas pasti mereka yang tidak suka TGB bersimpati kepada Jokowi," tandas Taufiqulhadi.

"Kalau yang seperti itu, maka kalau berpolitik seperti yang diperlihatkan oleh kelompok yang menyerang TGB itu pasti tidak akan diridai Allah karena sudah sering menguti ayat kemudian menyerang orang seperti itu, pasti tidak akan diridai Allah," pungkasnya.

Wikipedia sendiri sudah mengklarifikasi melalui akun twitternya, kalau informasi TGB adalah ipar Luhut adalah hoaks. Wikipedia pun sudah menghapus informasi tersebut.