Jumat, 13 Juli 2018 17:50 WITA

Dinsos Sulsel Gelar Sosialisasi Program Penanganan Fakir Miskin

Editor: Muh. Taufik
Dinsos Sulsel Gelar Sosialisasi Program Penanganan Fakir Miskin

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kemiskinan merupakan sebuah permasalahan sosial yang sangat kompleks. Untuk itu, dalam upaya penyelesaiannya, juga dibutuhkan kerjasama yang baik dan berkesinambungan antara seluruh pihak yang terlibat di dalamnya. 

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah wadah untuk mempertemukan pihak-pihak terkait guna membahas persoalan penanganan kemiskinan ini. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan adalah melakukan Sosialisasi Program Fakir Miskin di Pedesaan.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ilham A Gazaling menjelaskan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini sangat penting. Pasalnya melalui kegiatan ini, Dinas Sosial Provinsi beserta seluruh pihak terkait dalam penanganan kemiskinan bisa menyatukan persepsi.

"Sehingga, dalam pelaksanaan kebijakan penanganan kemiskinan, tidak ada tumpang tindih yang bisa menyebabkan masyarakat menjadi bingung," katanya.

Ilham menjelaskan, saat ini kemiskinan di masyarakat bukan lagi hanya sekadar menyangkut kehidupan ekonomi. Lebih dari itu, lanjut Ilham, kemiskinan juga erat kaitannya dengan kegagalan memenuhi hak-hak dasar dan perbedaan perlakukan kepada seseorang atau sekelompok orang.

"Untuk itu, kita perlu menyatukan persepsi kita terkait hal-hal tersebut. Sehingga penyelesaian masalah kemiskinan dapat kita lakukan secara menyeluruh," katanya.

Salah satu persoalan dalam penanganan masalah kemiskinan di Sulawesi Selatan, kata Ilham, terkait data yang belum sinkron. Untuk itu, dia meminta, agar seluruh pihak yang terkait dengan penanganan kemiskinan bisa saling bersinergi.

"Dalam sistem perencanaan yang baik, kebutuhan atau ketersediaan data menjadi sangat penting dan strategis, karena data yang akurat akan meminimalisir kesalahan sasaran, menentukan prioritas sasaran termasuk efisiensi pengalokasian anggaran kegiatan," jelas Ilham.