Jumat, 13 Juli 2018 21:00 WITA

Mahasiswa DDI Mangkoso Bikin Mushaf Alquran Raksasa dengan Tulisan Tangan

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Abu Asyraf
Mahasiswa DDI Mangkoso Bikin Mushaf Alquran Raksasa dengan Tulisan Tangan
Andhis Tajuddin

RAKYATKU.COM,BARRU - Mahasiswa DDI Mangkoso, Andhis Tajuddin (22) akhirnya menyelesaikan mushaf Alquran raksasa berukuran 120×90 cm. Proses penulisan itu sebelumnya ia kerjakan selama 11 bulan.

Andhis mengaku sangat bersyukur atas pencapaian yang ia lakukan selama hampir setahun ini. Pasalnya, ia tak menyangka kerja kerasnya kini berbuah manis.

"Alhamdulillah, perjuangan besar Alquran besar ini akhirnya selesai juga," kata Andhis, Jumat (13/7/2018).

Dia menuturkan, awal pembuatannya hanya iseng menulis-nulis saja, lalu saat itu ia berpikir untuk membuat Alquran besar. 

"Awalnya saya cuma iseng mengisi waktu luang dengan menulis-menulis. Terus dari situ saya berpikir kenapa saya tidak buat Alquran besar dari pada tulisan-tulisan saya yang sudah saya buat ini tinggal begitu saja terbengkalai," bebernya.

"Apalagi saya punya guru yang sudah berpengalaman dalam membuat mushaf besar dan semster VII di Mangkoso saya pun bergerak untuk membuat dan memulainya," ujarnya.

Selama proses pengerjaan, Andhis mengaku terkendala keuangan. Sebab proses pembuatannya memakan banyak biaya. 

Bahan yang digunakan Andhis untuk menuliskan mushaf Alquran ini beragam. Tinta Cina yang digunakan jumlahnya puluhan botol. Sementara kertas artline yang dia habiskan ada ratusan sehingga biaya yang ia keluarkan tidak sedikit.

"Paling saya hanya terkendala biasa saja untuk sampai utuh seperti sekarang itu butuh dana Rp30 juta bisa selesai. Kertas yang paling banyak saya gunakan. Karena biasa sering keliru dalam penulisan maka harus diulang lagi," ucapnya.