Sabtu, 14 Juli 2018 05:00 WITA

Manfaat Istimewa Salat Subuh Menurut Sains dan Alquran

Editor: Abu Asyraf
Manfaat Istimewa Salat Subuh Menurut Sains dan Alquran
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Ritual ibadah yang selalu dilakukan oleh umat Islam tak hanya memberikan dampak fisik namun juga dampak psikologis. Dari lima waktu salat yang diperintahkan untuk umat Islam, waktu subuh merupakan waktu yang istimewa, sebagaimana disebutkan dalam Alquran.

"Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)," (QS. Al-Isra': 78).

Dikutip Islamic Renaissance, Senin (12/12/2016), perintah ibadah yang dilaksanakan saat fajar terbit ini menjadi media untuk meditasi atau muraqabah yang memberikan manfaat fisik, mental dan emosional.

Meditasi dapat menurunkan tekanan darah, menjaga tubuh agar tetap fit dan awet muda. Meditasi juga memelihara jaringan tubuh, energi kehidupan, dan memelihara biokimia yang seimbang dengan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

Ketika kita stres, pikiran menghasilkan hormon stres yang pada akhirnya berdampak buruk pada pikiran dan tubuh. Dengan bermeditasi setiap hari, Anda akan mendapatkan kembali kontrol pikiran dan mencapai ketenangan fikiran.

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh, mendirikan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati," (QS. Al-Baqarah: 277).

Berita Terkait