Jumat, 13 Juli 2018 17:01 WITA

Trump Telat 15 Menit, Theresa May Berdiri Resah

Editor: Aswad Syam
Trump Telat 15 Menit, Theresa May Berdiri Resah
Donald Trump dan Theresa May tampak saling berpegangan tangan.

RAKYATKU.COM, INGGRIS - Theresa May benar-benar meluncurkan karpet merah untuk Donald Trump, karena mereka mengadakan pertemuan pertama yang luar biasa mewah di tanah Inggris.

Kedua bos negara Adidaya ini tampak berpegangan tangan mesra. Trump yang mengenakan jas, tampak membimbing  tangan Theresa May yang mengenakan baju terusan warna merah tanpa lengan. Sementara, Melania, mengenakan baju terusan kuning.

Makan malam dasi hitam ini adalah kunjungan kerja yang dianggap menurun 18 bulan, setelah May menjanjikan Kunjungan Negara pada akhir tahun 2017.

Namun Presiden AS terlambat 15 menit - memaksa Theresa May dan menteri Kabinet untuk berdiri dan menunggu selama beberapa menit, ketika konvoinya menggulung perjalanan panjang ke tempat kelahiran Winston Churchill itu.

Di sebuah pintu masuk yang layak untuk bintang film yang mahsyur, Trump melangkah keluar dari limo lapis baja The Beast, untuk menjabat tangan Perdana Menteri sebelum mereka mendekati rumah megah itu.

Pasangan ini menyaksikan band militer mengenakan pakaian malam yang cerdas dan sinar matahari malam yang hangat, dengan 100 kepala bisnis berpakaian hitam - kontras yang tajam dari demo anti-Trump yang marah di luar gerbang.

First Lady Melania Trump, mengenakan ballgown kuning saat dia dan Trump naik helikopter Marine One, untuk perjalanan dari kediaman Duta Besar AS di London ke Oxfordshire.

Ketika helikopter mereka lepas landas dari dalam cincin baja di Regent's Park, London, para demonstran memukul panci dan wajan dan meniup peluit dan vuvuzela.

Satu mengangkat tangan ke langit dengan salam dua jari di Marine One.
Pasangan Presiden menghadapi protes di kedua ujung perjalanan mereka.

Ratusan demonstran berjajar di jalan menuju Blenheim Palace, meniup tanduk dan peluit, dan memegang plakat yang mencap No 1 rasis Presiden Amerika Serikat.

Sementara dua papan iklan di sisi M40 ke Blenheim Palace mengkhianati kekuatan perasaan - tetapi dari para demonstran PRO-Trump. Mereka menyatakan "Keadilan untuk Tommy Robinson" dan "Selamat Datang, Presiden".

Presiden Trump dan Ibu Negara tiba dengan helikopter, dengan iring-iringan mobil membawa mereka ke istana.

Presiden sekitar 15 menit terlambat untuk resepsi, dan terus Theresa May dan suaminya Philip, menunggu sendirian di tengah-tengah halaman untuk waktu yang tidak lama sebelum The Beast digulung.

Raksasa perusahaan termasuk perusahaan senjata Lockheed Martin dan investor City Blackrock, makan malam di salmon dan daging sapi fillet sementara protes meletus di luar.

Acara dimulai pada pukul 19.30 dengan upacara militer oleh pasukan Skotlandia, pengawal Irlandia dan Welsh, yang memainkan Liberty Fanfare, Amazing Grace, dan National Emblem.

Para tamu makan di salmon Skotlandia, fillet daging sapi Inggris Hereford dan stroberi dan es krim krim bergumpal.

Selama acara, Nyonya May menyulut rasa takut akan hak-hak pekerja dengan bersumpah untuk "meruntuhkan birokrasi" bagi perusahaan sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan pasca-Brexit.

Dia berkata: "Ketika kami bersiap untuk meninggalkan Uni Eropa, kami memiliki kesempatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk berbuat lebih banyak.

"Ini adalah kesempatan untuk mencapai perjanjian perdagangan bebas yang menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan di sini di Inggris, dan di seluruh Amerika Serikat.

"Ini juga merupakan peluang untuk meruntuhkan hambatan birokrasi yang menggagalkan para pemimpin bisnis di kedua sisi Atlantik."

Sekitar 100 pemimpin bisnis hadir dari perusahaan-perusahaan, termasuk Blackstone, BlackRock, Diageo, Mclaren dan Arup.

Downing Street menolak untuk merilis daftar lengkap para pemimpin bisnis.

Tetapi mereka berasal dari sektor-sektor berikut: Jasa keuangan, perjalanan, industri kreatif, makanan dan minuman, teknik, teknologi, infrastruktur, farmasi dan pertahanan.

Dan Bloomberg melaporkan raksasa pertahanan Lockheed Martin, Walgreens Boots Alliance dan Mars Inc juga akan berada di antara para tamu.

Menteri pelayan saat makan malam termasuk PM, Philip Hammond, Jeremy Hunt, Gavin Williamson , Liam Fox, David Lidington , Greg Clark, dan Chris Grayling.

Juga terlihat di antara para tamu adalah mantan pemimpin Tory William Hague. Band ini termasuk anggota Pengawal Coldstream dan Skotlandia, Pengawal Irlandia dan Welsh, mewakili empat negara Inggris.

Mereka memainkan Amazing Grace, yang disulap menjadi himne “Ya Tuhan dan Bapa Manusia” sebagai Presiden Trump, Nyonya May, Philip May dan Melania Trump menyaksikan dari tangga.

Setelah makan malam, Presiden dilaporkan diberikan tur pribadi pameran Winston Churchill di Istana, tempat kelahiran Perdana Menteri masa perang, oleh Duke of Marlborough.