Jumat, 13 Juli 2018 16:21 WITA

5 Hari Batas Pendaftaran Caleg, Belum Ada Parpol Daftar di KPU Bone

Editor: Nur Hidayat Said
5 Hari Batas Pendaftaran Caleg, Belum Ada Parpol Daftar di KPU Bone

RAKYATKU.COM, BONE - Sudah hari ke-9 pasca dibukanya pendaftaran pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Bone. Namun, hingga saat ini belum ada partai politik (Parpol) mendaftar.

Hal ini disampaikan oleh anggota Komisioner KPU Bone Divisi Teknis Nasruddin Zaelany saat dikonfirmasi Jumat (13/7/2018).

"Sampai hari ini belum ada sama sekali Parpol yang mendaftarkan calonnya, ada delapan partai yang baru akan ajukan calonnya pada tanggal 16 mendatang," Kata Nasruddin.

Untuk itu dia mengimbau agar partai politik tidak memilih akhir waktu, karena tentu akan membuat pekerjaan KPU menumpuk dan risikonya pada proses verifikasi.

"Padahal untuk pengajuan calon syarat yang tidak boleh dilakukan pada masa perbaikan hingga batas akhir pengajuan pada tanggal 17 mendatang," ucapnya.

Empat dokumen tersebut harus dinyatakan lengkap yakni, Formulir B, Model B1, Model B2, dan model B3, sementara untuk syarat lainya masih ada perbaikan. "Ini yang belum dipahami sebagian parpol, sehingga berupaya klopkan syarat  pengajuan calonnya."

Ketua Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) Bone, Sultani, mengatakan kendala lambatnya pendaftaran bacaleg karena persoalan syarat administrasi yang terlalu rumit.

"Kendalanya jelas, karena butuh proses SKCK, harus menunggu terbitnya akta kelahiran, demikian juga keterangan sehat, bebas, narkoba, dan kejiwaan butuh waktu. Yang membuat lama sebenarnya karena syarat administrasinya terlalu rumit," tuturnya.