Jumat, 13 Juli 2018 16:15 WITA

Cegah Perpeloncoan Siswa Baru, Disdik Makassar Keluarkan Surat Edaran

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Cegah Perpeloncoan Siswa Baru, Disdik Makassar Keluarkan Surat Edaran
Andi Hidayat (Ist).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perpeloncoan berkedok ospek kerap mewarnai aktifitas sekolah saat tahun ajaran baru. Tindakan itu biasanya dilakukan oleh para senior kepada murid baru.

Mengantisipasi terjadinya perpeloncoan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar mengaku, telah mengeluarkan surat edaran yang diperuntukan bagi seluruh SMP dan SD di Kota Makassar.

"Kita sudah tahu kalau kemungkinan itu ada. Jadi kita mengeluarkan edaran. Pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, harus ditangani langsung oleh guru yang sudah di SK-an kepala sekolah" ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdik Kota Makassar, Andi Hidayat.

Kalaupun pihak sekolah tetap ingin melibatkan siswa senior, lanjut Hidayat, maka  hanya bersifat pendamping saja. Siswa senior tidak boleh secara langsung menangani siswa baru.

"Yang pasti tidak boleh ada perpoloncoan atau apapun itu. Karena kegiatannya hanya sebatas pengenalan lingkungan sekolah," tegasnya.

Hidayat menuturkan, kegiatan pertama masuk sekolah mencakup pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Penyelenggaraan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama tiga hari di minggu pertama awal tahun pelajaran dan dilakukan saat jam pelajaran berlangsung.