Jumat, 13 Juli 2018 12:06 WITA

Tendang Ibu-ibu yang Mencuri, AKBP M Yusuf Dicopot

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Tendang Ibu-ibu yang Mencuri, AKBP M Yusuf Dicopot
AKBP M Yusuf (baju hitam) saat diperiksa Propam.

RAKYATKU,COM - Video kekerasan diduga dilakukan oknum polisi Kepulauan Polda Bangka Belitung di minimarket Kota Pangkalpinang menjadi viral di media sosial. Belakang diketahui, polisi tersebut di Polda Babel.

Pemukulan terjadi di dalam video yang viral di medsos, berawal dari kasus pencurian yang tertangkap tangan pada Rabu (11/7/2018). Saat ini kasusnya masih dalam proses penyidikan Sat Reskrim Pangkalpinang, Bangka Belitung. 

"Benar, pria berbaju oranye bertulisan polisi memang benar bertugas di Polda Babel. Namanya AKBP Yusuf SE," kata Kabid Propam Polda Babel, AKBP Jaos Feriko Panjaitan.

Tak lama setelah insiden itu, AKBP M Yusuf lansung dicopot. Mutasi AKBP M Yusuf tertulis dalam surat telegram Nomor ST/1786/VII/2018 tanggal 13 Juli 2018. Mutasi ini diperintahkan dilaksanakan paling lambat 7 hari terhitung mulai tanggal mutasi ditetapkan.

"Langsung dicopot untuk riksa (pemeriksaan)," kata Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyant, Jumat (13/7/2018).

Dalam video tersebur, dua perempuan yang duduk di lantai itu diduga telah melakukan aksi pencurian di minimarket tersebut. Di detik ke 10 dalam video yang viral itu, AKBP M Yusuf menendang muka wanita berbaju hitam corak hijau yang tertangkap melakukan aksi pencurian. Sementara teman perempuan duduk di sebelah kanan juga yang mengalami aksi kekerasan.  

Aksi koboi yang diduga oknum polisi berdinas di Polda Bangka Belitung tak berhenti di situ, terlihat jelas di detik ke 24 pria tersebut kembali memukul wanita itu dengan sebuah sendal, meskipun wanita itu sudah memohon. Tak hanya itu, oknum polisi Polda Babel itu juga memukul anak yang berdiri di sebelah kiri perempuan itu.