Jumat, 13 Juli 2018 08:51 WITA

Banjir Bacaleg, PKB Sulsel Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Banjir Bacaleg, PKB Sulsel Lakukan Uji Kelayakan dan Kepatutan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Memasuki tahapan pendaftaran Bacaleg untuk Pemilu 2019, PKB Sulsel banyak dilirik. Di sejumlah dapil, ada banyak peminat yang terpaksa harus diseleksi untuk mengisi kursi dapil.

Wakil Ketua DPW PKB Sulsel, Irwan Hamid mengatakan, dalam menentukan figur yang akan masuk dalam komposisi bacaleg bagi dapil yang banjir peminat, akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Masih ada dapil yang belum lakukan uji kelayakan, khususnya dapil yang lebih bacalegnya," kata Irwan kepada Rakyatku.com, Jumat (13/7/2018).

Irwan menyebut beberapa dapil yang akan melakukan fit and proper test. Diantaranya dapil 1, 2, 6, 8, dan dapil 11 Sulsel.

"Kalau yang sudah fit dapil Gowa - Takalar, dapil Jeneponto- Bantaeng-Selayar dan dapil Bulukumba-Sinjai," tambah legislator Sulsel ini.

Dikatakan Irwan, Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB, punya kriteria khusus dalam menentukan figur yang akan mengisi kuota bacaleg yang lebih peminatnya.

"Yaitu komitmen dan siap melaksanakan amanah partai, potensi dan target suara yang bisa diraih, dan kesiapan dana yang dimiliki," ujarnya.

Setelah uji kelayakan dan kepatutan ini dilakukan kata dia, maka PKB Sulsel dijadwalkan akan mengajukan daftar nama bacalegnya pada 16 Juli mendatang.