Jumat, 13 Juli 2018 08:22 WITA

Pemkab Pangkep Bakal Ubah Lumpur Tinja Jadi Pupuk

Penulis: Saiful Mujib
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pemkab Pangkep Bakal Ubah Lumpur Tinja Jadi Pupuk

RAKYATKU.COM - Pemkab Pangkep bakal miliki Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) yang sementara ini dalam tahap perencanaan. IPTL sendiri adalah bantuan dari Kementerian PU yang bertujuan untuk mengolah lumpur tinja jadi pupuk.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pangkep, Agussalim mengatakan, pengolahan limbah tinja perumahan ini sudah sangat dibutuhkan di Pangkep, mengingat sudah banyak perumahan rakyat yang berdiri di Pangkep.

"Sekarang dalam tahap perencanaan, mudah-mudahan bisa terealisasi. Pegajuanya sudah tahun lalu, tujuannya untuk mengatasi limbah tinja rumah tangga, dihisab lalu di bawa ke tempat yang disediakan, titik akhirnya bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair," ujar Agussalim, Kamis (12/7/2018).

Dikatakan Agus, IPTL ini nantinya akan dilengkapi dengan mobil penghisap tinja, dan peralatan pendukung lainnya. sedangkan lokasi akhirnya akan membutuhkan lokasi sekitar satu hektar. Dengan total anggaran 4.6 Milyar.

"Ini sudah sangat mendesak di Pangkep, mengingat sudah banyak perumahan. Insyaallah kalau jadi, tahun depan fisiknya, sekarang tahap perencanaan," ungkap Agus.
 

Tags