Jumat, 13 Juli 2018 00:43 WITA

Terima Kasih Pak Jokowi, Pilkada Sulsel Aman dan Lancar

Editor: Nur Hidayat Said
Terima Kasih Pak Jokowi, Pilkada Sulsel Aman dan Lancar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pilkada serentak di Sulsel telah berakhir. Beberapa daerah sempat terjadi gesekan, namun berhasil diredam aparat sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Seperti di Makassar, sempat memanas antara pendukung Munafri Arifuddin-A Andi Rachmatika Dewi (Appi Cicu) dengan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti (DIAmi).

Pendukung pasangan calon pasangan DIAmi sempat melakukan aksi unjuk rasa di kantor Panwaslu Kota Makassar dan PT TUN Makassar. Bahkan sebelum DIAmi didiskualifikasi dari pesta Pilwalkot, pendukung DIAmi dan Appi-Cicu sempat melakukan unjuk rasa dalam waktu bersamaan di Panwaslu Kota Makassar. 

Suasana tersebut sempat memanas antara kedua kubu, namun petugas keamanan dapat mengontrol kedua kubu sehungga tidak terlibat pertikaian.

Pasca pencoblosan hingga rapat pleno perhitungan suara di Hotel Max One, Jalan Taman Makam Pahlawan, ratusan massa pendukung Appi-Cicu bahkan sempat berkumpul dan bersitegang dengan petugas keamanan. 

Namun, hal tersebut dalat dikontrol dengan baik oleh petugas sehingga tidak terjadi tindakan yang tak diinginkan.

Pesta Pilkada di Sulsel yang sebelumnya diprediksi akan berlasung panas ternyata dapat berjalan dengan aman. Meskipun terdapat gesekan, hanya skala kecil dan dapat diselesaikan oleh petugas.

Kini bermunculan spanduk ucapan terima kasih kepada pemerintah atas Pilkada yang telah berlangsung. "Terima kasih Pak Jokowi, Pilkada Serentak Sulsel Aman dan Lancar."

Spanduk tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan di Kota Makassar, seperti di pertigaan Jalan Alaudin-AP Pettarani, Perintis Kemerdekaan Makassar, Jalan Riburane, Jalan Ratulangi, Jalan Kakatua, Veteran Utara, dan Sungai Saddang Baru.

"Meskipun sebelum bayak orang yang prediksi akan ada gesekan tapi alhamdulillah Pilkada serentak di Sulsel dan di Kota Makasar berjalan dengan aman dan lancar. Itu bisa menandakan masyarakat kita sudah cerdas dalam berdemokrasi," ungkap Akbar, warga Makassar, Kamis (12/7/2018).

Akbar yang merupakan salah satu alumni perguruan tinggi di Makassar mengatakan, Pilkada yang berjalan aman di Sulsel patut disyukuri. Pemerintah patut diberi apresiasi positif atas kerja keras menjaga pesta demokrasi.

"Pemerintah dan petugas keamanan patut diberi apresiasi karena Pilkada serentak berjalan dengan aman," ucapnya.